Kelas VI: BAB VIII "Peduli Lingkungan"

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, kalian diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian lingkungan dan jenis-jenisnya
2. Menjelaskan konsep Islam tentang kepedulian terhadap lingkungan
3. Menjelaskan manfaat menjaga lingkungan
4. Memjelaskan tata cara kepedulian terhadap lingkungan
5. Menerapkan sikap peduli terhadap lingkungan di sekolah
6. Membuat karya gambar poster tentang ajakan peduli lingkungan

Peta Konsep

Kata Kunci
# Peduli # Biotik # Organik  # Ajaran # Abiotik # Anorganik # Melestarikan # Faktor # Mineral

Ayo Siap-Siap Belajar
Sebelum mulai belajar, silahkan siapkan alat tulis kalian, kemudian duduklah dengan rapi dan awali dengan berdoa kepada Allah Swt., agar bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selanjutnya silahkan kalian melakukan kegiatan pembiasaan seperti tadarus Al-Qur’an.

Renungkanlah!
Lingkungan merupakan tempat tinggal dan berkembangbiaknya manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan lingkungan? mengapa kita harus menjaga lingkungan? Dan bagaimana cara kita menjaga lingkungan, serta bagaimana konsep agama kita Islam tentang pentingnya menjaga lingkungan? Untuk mengetahui tentang pentingnya kepedulian kita terhadap lingkungan, ikutilah materi pelajaran yang akan kita pelajari berikut.

A. Konsep Lingkungan
Cermati gambar berikut !
Gambar 8.1 Peduli Lingkungan
Aktivitasku
Ceritakan dengan singkat gambar di atas serta ceritakan tentang apa yang akan kalian lakukan jika berada pada suasana seperti gambar di atas! 

Perhatikan ayat yang terdapat dalam Q.S. al-Rum/30 : 41 berikut;
Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.

Gambar 8.2 Pencemaran Lingkungan
Tahukah kalian mengapa terjadi pencemaran lingkungan? Tentu hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian terhadap lingkungan. Peduli terhadap lingkungan merupakan ajaran Islam. Salah satu seperti ayat di atas yang menyatakan bahwa terjadinya banyak kerusakan murupakan akibat dari ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, kita harus selalu peduli terhadap lingkungan agar tidak terjadi kerusakan, baik di darat maupun di laut. Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan lingkungan?
    Menurut para ahli bahwa lingkungan adalah segala hal yang ada di sekitar makhluk hidup, baik merupakan benda mati ataupun hidup, serta terpengaruh dan memberikan pengaruh terhadap aktivitas manusia. Ada juga yang mengatakan bahwa lingkungan adalah semua benda, kondisi serta keadaanya, yang mana memberikan pengaruh pada tempat dimana manusia tinggal. Begitu pula sebaliknya, lingkungan juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan makhluk hidup, seperti manusia, hewan maupun tumbuhan.
    Jadi yang dimaksud dengan lingkungan adalah alam semesta ciptaan Allah Swt., baik berupa benda mati maupun benda hidup, yang terbentang luas sekitar kita untuk dikelola dengan sebaik-baiknya dan menjadi tempat  beraktivitas serta memberikan pengaruh dan dapat dipengaruhi oleh manusia. Sebagaimana irman Allah Swt. dalam Q.S. al-Baqarah/2:29 berikut;
ِArtinya: “Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu”.
    Jika dilihat dari komponen yang ada di dalamnya, lingkungan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa atau tempat hidupnya makhluk organik, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, virus, serta makhluk hidup lainnya. Sedangkan lingkungan abiotik merupakan kebalikan dari lingkungan biotik yaitu segala sesuatu yang tidak bernyawa atau anorganik, seperti bebatuan, mineral, tanah, maupun unsur alam lainnya.
    Semua jenis lingkungan, berupa lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik dapat memberikan manfaat jika dikelola dengan baik serta dapat memberikan mudharat jika manusia tidak bisa mengelolanya dengan baik. Oleh sebab itu kita harus mampu mengelola dan menjaganya dengan baik agar dapat memberikan manfaat kepada manusia, dan juga dapat memberi manfaat untuk makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Aktivitasku
Perhatikan lingkungan yang ada di sekitar sekolah kalian, lalu tuliskan apa saja yang temasuk lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Apakah jenis lingkungan tersebut telah dikelola dengan baik ataukah tidak? Presentasikan hasil aktivitas kalian di depan kelas.

B. Manfaat Kepedulian terhadap Lingkungan
Gambar 8.4 Lingkungan yang indah dan asri
    
Kita harus menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan yang ada disekitar kita agar selalu terjaga kelestariannya. Seperti menanam tumbuh-tumbuhan agar kita dapat menghirup udara segar dan bebas dari polusi, membuang sampah pada tempatnya, agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusak kesehatan kita.
    Tahukah kalian bahwa sebagai anak yang taat melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah Swt. dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah Swt., kita harus menjaga lingkungan serta mengelolanya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan hidup dan makhluk lainnya. Kita dilarang oleh Allah Swt. melakukan perbuatan yang dapat merusak lingkungan. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Q.S. al-‘Araf/7: 56 berikut.
Artinya: “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat  kebaikan.”.

    Apabila kita peduli terhadap lingkungan, maka lingkungan tersebut akan memberikan mafaat kepada kita, begitu pula sebaliknya jika kita tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik, maka kita juga yang akan menanggung akibatnya. Terdapat beberapa manfaaat apabila kita menjaga lingkungan dengan baik, antara lain;
  1. Gambar 8.5 Pemanfaatan Lingkungan
    Sebagai sumber makanan dan mineral
  2. Memberikan kemudahan dan bantuan dalam kehidupan manusia
  3. Sebagai sarana perkembangbiakan makhluk hidup
  4. Menambah penghasilan bagi manusia
  5. Menunjang kesehatan dan kesejahteraan
Aktivitas Kelompok
Secara kolaboratif (kelompok) siswa menentukan sebab-sebab terjadinya banjir yang sering terjadi akhir-akhir ini.

C. Sikap Peduli terhadap Lingkungan
    Tahukah kalian bagaimana sikap kita peduli terhadap lingkungan? Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan mencegah kerusakan alam serta mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Peduli terhadap lingkungan termasuk perbuatan yang terpuji atau akhlak mahmudah. Peduli terhadap lingkungan berarti ikut melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya, bisa dengan cara memelihara, mengelola, memulihkan serta menjaga lingkungan. Lingkungan yang bersih dan sehat adalah dambaan semua makhluk di dunia ini, baik untuk manusia dan juga untuk makhluk hidup lainnya. Apabila lingkungan tidak dijaga dengan baik, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit dan juga bisa menyebabkan bencana.
    Ada beberapa komponen lingkungan yang membutuhkan kepedulian kita agar tetap terjaga kelestariannya. Diantara komponen lingkungan tersebut antara lain tanah, air, udaara, dan tumbuh-tumbuhan. Agar lingkungan kita tetap lestari dan terpelihara, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Usaha dan langkah tersebut cukup mudah dilakukan, di antaranya:
1. Menjaga kebersihan dan keindahan
Gambar 8.6 Menjaga Kebersihan

2. Melakukan pengolahan tanah dengan baik.
Gambar 8.7 Pengolahan Tanah

3. Melakukan pengolahan sampah dan limbah dengan baik
Gambar 8.8 Pemilahan Sampah

4. Menggunakan bahan hasil produksi yang ramah lingkungan
Gambar 8.9 Pabrik Ramah Lingkungan

5. Melakukan penghijauan dengan menanam kembali tumbuh-tumbuhan
Gambar 8.10 Penghijauan

Aktivitasku


Jelaskan cara kita menjaga atau melestarikan lingkungan berupa tanah, air, udara, dan tumbuh-tumbuhan.
1. Cara menjaga atau melestariikan tanah :
............................................
2. Cara menjaga atau melestariikan air :
............................................
3. Cara menjaga atau melestariikan udara :
............................................
4. Cara menjaga atau melestariikan tumbuh-tumbuhan :
............................................

Aktivitas Kelompok
Buatlah kegiatan aksi nyata peduli lingkungan bersama teman di sekolah
Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buatlah kelompok kecil yang terdiri dari 3 sampai 5 orang
  2. Rencanakan kegiatan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan
  3. Pilihan aksi nyata yang bisa kalian lakukan antara lain : menanam pohon, menata taman sekolah, menata taman fasilitas umum, membuat tempat sampah, memilah dan mengolah sampah serta kegiatan nyata lainnya yang bisa kalian lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, memanfaatkan sampah.
  4. Lakukan kegiatan aksi nyata yang sudah direncakan secara berkelompok
  5. Buatlah laporan kegiatan kelian dan sampaikan kepada guru. 
Refleksi
Bagaimana tindakan yang akan kalian lakukan apabila melihat seseorang
membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya?


Rangkuman

  1. Lingkungan adalah segala hal yang ada di sekitar makhluk hidup, baik merupakan benda mati ataupun hidup, serta terpengaruh dan memberikan pengaruh terhadap aktivitas manusia.
  2. Jika dilihat dari komponen yang ada didalamnya, lingkungan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik.
  3. Lingkungan biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa atau tempat hidupnya makhluk organik, seperti manusia, hewan, tumbuhtumbuhan, virus, serta makhluk hidup lainnya.
  4. Lingkungan abiotik merupakan kebalikan dari lingkungan biotik yaitu segala sesuatu yang tidak bernyawa atau anorganik, seperti bebatuan, mineral, tanah, maupun unsur alam lainnya.

Karakterku

Salinlah tabel berikut pada buku tulis kalian, lalu berikan respon setuju (S), tidak setuju (TS), tidak tahu (TT) serta alasan terhadap resepon tersebut!

Pernyataan dan Respon
  1. Membuang sampah pada tempat sampah merupakan ajaran Islam yang benilai pahala
    • Alasan: ................................
  2. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab dinias kebersihan
    • Alasan: ................................
  3. Peduli terhadap lingkungan merupakan ajaran Islam yang harus kita taati
    • Alasan: ................................
  4. Banjir terjadi diakibatkan dari prilaku manusia yang sering membuang sampah sembarangan
    • Alasan: ................................
  5. Linkungan yang sehat akan memberikan manfaat kepada manusia dan makhluk lainnya
    • Alasan: ................................

Unjuk Kerja

Ayo membuat poster tentang ajakan peduli lingkungan. Buatlah poster bergambar atau tulisan yang berisi tentang ajakan peduli lingkungan, melestarikan sumber daya alam, serta menjaga lingkugan. Kemudian tempelkan poster kalian pada tempat-tempat yang tepat.

Pengayaan
Bagi siswa yang telah menyelesaikan uji capaian pembelajaran dengan nilai sangat memuaskan, maka kerjakan kegiatan berikut!
  1. Tentukan langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai peserta didik dalam melestarikan lingkungan tempat tinggal masing-masing
  2. Tentukan upaya yang bisa dilakukan sebagai peserta didik dalam mengurangi penebangan liar yang sering terjadi.
  3. Bagaiman upaya pencegahan pencemaran air sungai?
Kisah Inspiratif
Bacalah dengan cermat kisah berikut!
Alam Semesta Tanpa Pencipta?
Gambar 8.11 Diskusi tentang Pencipta Alam Semesta
    Suatu ketika, Imam Abu Hanifah berada dalam satu majelis dengan orangorang ateis. Mereka terlibat dalam diskusi hebat. Mereka hampir saja akan membunuh Abu Hanifah. Akan tetapi, disaat kemarahan mereka memuncak, Abu Hanifah meminta kepada mereka agar menjawab satu pertanyaan darinya. Jika mereka dapat menjawab pertanyaan ini, maka mereka boleh melakukan apa saja yang mereka suka.      Abu Hanifah berkata, “Jawablah dulu satu pertanyaan dariku, jika kalian bisa menjawabnya maka kalian boleh melakukan apa yang kalian suka.” Mereka berkata, “Cepat !! katakana kepada kami, mana pertanyaanmu!”  Abu Hanifah berkata: “bagaimana pendapat kalian, jika ada seseorang yang bercerita, bahwa dia melihat sebuah kapal yang memuat barangbarang berat. Tiba-tiba, gelombang ombak dan angin yang sangat kencang menghantam kapal itu. Meskipun demikian, kapal itu berjalan dengan tenang tanpa ada goncangan. Padahal di dalam kapal tersebut tidak ada nahkodanya. Apakah hal yang demikian itu, bisa diterima dengan akal?”
Mereka menjawab, “Tidak. Sama sekali tidak masuk akal.”
    Abu Hanifah menjawab: Subhanallah, jika kapal tersebut berjalan  dengan tenang tanpa nahkoda, tidak masuk akal. Lalu apakah masuk akal jika di dunia ini dengan keadaan alam yang berubah dan hamparannya yang sangat luas, tanpa ada yang menciptakan serta mengaturnya?” Mereka semua terdiam, tidak mampu berkata-kata, kecuali, “Wahai Abu Hanifah, kamu benar dan kamu menang.”
Sumber: 55 kisah hebat
Pengasah kecerdasan dan penajam nurani anak muslim

Catatan Orang Tua:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Komentar