Kelas VI: BAB X "Meneladan Jasa Khalifah Uṡman Bin Affan dan Ali Bin Abi Ṭalib"
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, kalian diharapkan mampu:
- Mengenal khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib
- Menjelaskan jasa khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib
- Membuat paparan tentang jasa khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib
- Meneladan jasa dan perjuangan khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan sikap teguh pendirian dalam memegang prinsip kebenaran ajaran Islam sebagaimana khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib
Peta Konsep
# Khalifah # Khulafaurrasyidin # Jasa # Keteladanan # Kisah # Ajaran
Sebelum mulai belajar, silahkan siapkan alat tulis kalian, kemudian duduklah dengan rapi dan awali dengan berdoa kepada Allah Swt., agar bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat!
Renungkanlah!
Di kelas 5, kalian telah mempelajari materi tentang Khulafaurrasyidin. Sahabat Nabi yang termasuk Khulafaurrasyidin antara lain; Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Uṡman bin Affan, dan Ali bin Abi Ṭalib. Pada materi pelajaran kali ini kita akan mempelajari tentang jasa-jasa Khulafaurrasyidin terhadap perkembangan agama Islam. Jasa khalifah Abu Bakar al-Siddiq dan Umar bin Khattab telah dipelajari pada semester ganjil yang lalu. Kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana jasa-jasa khalifah Uṡman bin Affan dan khalifah Ali bin Abi Ṭalib dalam mengembangkan dan menegakkan agama Islam?
A. Jasa-Jasa Khalifah Uṡman Bin Affan
Amati gambar berikut!
Aktivitasku
Ceritakan dengan singkat, bagaimana hubungan antara gambar di atas dengan khalifah Uṡman bin Affan?
Tahukah kalian, siapakah khalifah Uṡman bin Affan itu? Dan bagaimana jasa serta perjuangan beliau terhadap dunia Islam? Uṡman bin Affan r.a. merupakan sahabat yang sukses dalam berdagang dan dermawan. Kekayaan beliau dibelanjakan guna mendapatkan keridaan Allah Swt. Nama lengkapnya adalah Uṡman bin Affan bin Abi al-Aṣ bin Umayyah bin Abdi Syams bin Abi Manaf r.a. Pada masa jahiliah, ia disebut dengan panggilan Abu Amr, dan ada juga yang memanggil dengan Abu Layla karena kelembutan dan keramahannya pada sesama.
Namun setelah masuk agama Islam, ia lebih sering dipanggil Abu Abdullah yang diambil dari nama putranya dari Ruqayyah binti Rasulullah saw. Julukan Uṡman yang paling terkenal adalah Zunnurain yang artinya pemilik dua cahaya, karena beliau menikah dengan dua orang putri Rasulullah saw. yakni Ruqayyah dan Ummu Kaltsum
Uṡman memegang kekhalifahan sepeninggal khalifah Umar bin Khattab. Banyak sekali jasa khalifah Uṡman bin Affan yang pernah ditorehkannya dalam dunia Islam. Di antara jasa-jasa tersebut yang kita rasakan hingga saat ini, antara lain:
1. Menyempurnakan masjid Nabawi di Madinah yang dibangun oleh khalifah Umar Bin Khattab.
Khalifah Uṡman bin Affan membangun dan memperluas masjid Nabawi pada bagian Selatan, Barat dan Utara hingga sebesar 470 meter persegi dilakukan pada tahun 29 Hijriah (649 M). Masjid Nabawi telah mengalami beberapa kali perubahan dan perbaikan hingga sekarang telah memiliki luas kurang lebih 400.327 meter persegi yang bisa menampung lebih dari satu juta jamaah.
2. Mengumpulkan musḥaf Al-Qur’an yang standar (kodifikasi musḥaf Al-Quran)
Gambar 10.3 Mushaf Uṡmani Sumber: chughtaimuseum.com |
Amal terbesar yang selalu menjadi saksi bagi Uṡman bin Affan hingga hari kiamat adalah upayanya mengumpulkan dan menyatukan Al-Qur’an dalam satu musḥaf yang dikenal dengan nama Mushaf Uṡmani.
Orang yang diperintahkan oleh khalifah Uṡman untuk mengumpulkan musḥaf Al-Qur’an adalah Zaid bin Ṡabit, dan dibantu oleh Abdullah bin Zubair, Said bin Aṣ, Abdur Rahman bin Haris bin Hisyam. Ide pengumpulan musḥaf ini ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:
- Banyaknya penghafal Al-Qur’an yang gugur dalam medan perang.
- Sulit memantau pembelajaran Al-Qur’an karena luasnya kekuasaan Islam, sementara banyak penghafal Al-Qur’an tersebar di beberapa wilayah yang berjauhan.
- Agar ada acuan atau pedoman yang menyatukan qiraat (bacaan) umat Islam yang berbeda-beda dialeknya dalam membaca Al-Qur’an.
3. Membentuk angkatan laut yang kuat.
Khalifah Uṡman bin Affan melatih angkatan laut yang tangguh. Hal ini dilakukan atas usul dari Mu’awiyah bin Abu Sofyan selaku Gubernur Damaskus. Tujuan dari angkatan laut ini adalah untuk menjaga keamanan wilayah kekuasaan Islam dari pasukan musuh, terutama pasukan musuh dari Romawi yang ingin menguasai kota Iskandariyah.
4. Memperluas wilayah kekuasaan Islam.
Pada zaman kekhalifahan Uṡman bin Affan, luas kekuasaan wilayah Islam semakin bertambah. Di antara wilayah kekuasaan tersebut antara lain Armenia, Afrika, Azerbaijan, dan Kepulauan Cypruz. Kaum Muslimin yang berdakwah di Armenia dipimpin oleh Salman bin Rabi’ah, sedangan ke Afrika (Tunisia), Tripoli (sekarang Libia) dipimpin oleh Abdullah bin Sa’ad. Walid bin Uqbah memimpin dakwah ke wilayah Azerbaijan. Perluasan wilayah kekuasaan Islam di Kepulauan Cyprus, dipimpin oleh Muawiyah bin Abu Sofyan yang kemudian merambah hingga ke Konstatinopel, Turki, serta negeri Balkan (Yugoslavia dan Polandia).
Mari berdiskusi tentang beberapa kemajuan dunia Islam hasil dari perjuangan khalifah Uṡman bin Affan.
Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
- Peserta didik dalam satu kelas dibagi menjadi empat kelompok dengan kemampuan yang bervariasi
- Masing-masing kelompok diberikan satu pembahasan tentang salah satu jasa khalifah Uṡman bin Affan yang telah diuraikan di atas.
- Setiap kelompok berdiskusi dan membuat sajian materi sesuai dengan pembahasan kelompok masing-masing.
- Selanjutnya presentasikan hasil diskusi menggunakan model tim ahli (jigsaw) atau Market Pleace Aktivity ( MPA ).
B. Jasa-Jasa Khalifah Ali Bin Abi Ṭalib
Ceritakan dengan singkat, bagaimana hubungan antara gambar di atas dengan khalifah Ali bin Abi Ṭalib?
Gambar 10.6 Kajian Ilmu Islam
Tahukah kalian, bagaimana perjuangan dan jasa-jasa khalifah Ali bin Abi Ṭalib terhadap kemajuan dunia Islam?
Ali bin Abi Ṭalib merupakan seorang khalifah yang memiliki sifat zuhud dan hidup sederhana. Beliau merupakan seorang perwira yang sangat cerdas, cekatan, teguh pendirian dan sangat pemberani. Berkaiatan dengan sikap yang dimilikinya, sehingga Ali bin Abi Ṭalib dikenal dengan “Asadullah” yang artinya ‘Singa Allah. Beliau juga merupakan orang yang sangat cerdas, sehingga dikenal dengan julukan Babul ‘Ilmi. Khulafaurrasyidin yang terakhir ini terkenal juga dengan ketegasannya. Dia tidak segan-segan mengganti pejabat gubernur yang dinilainya tidak bisa mengurusi kepentingan umat Islam.
Banyak sekali jasa yang pernah ditorehkan oleh khalifah Ali bin Abi Ṭalib terhadap kemajuan dan perkembangan dunia Islam, di antaranya:
- Menata administrasi negara dan mengganti beberapa orang pejabat yang dilantik oleh khalifah sebelumnya yakni Uṡman bin Affan. Ali bin Abi Ṭalib ketika menjadi khalifah, tidak segan-segan mengganti beberapa orang gubernur yang diangkat oleh khalifah sebelumnya. Hal ini beliau lakukan karena mereka diangkat semata-mata hubungan kekerabatan, bukan atas kemampuan.
Gambar 10.7 Ali bin Abi Ṭalib menjadi khalifah - Menarik kembali tanah milik negara dan harta baitul māl. Ali bin Abi Ṭalib juga melakukan pembenahan di bindang ekonomi. Dia menarik kembali tanah dan harta milik negara yang dibagikan kepada pejabat gubernur. Harta tersebut dikembalikan fungsinya untuk kepentingan negara dan kaum lemah;
Gambar 10.8 Baitul Mal - Penulisan buku pokok-pokok ilmu Nahwu. Khalifah Ali bin Abi Ṭalib memerintahkan Abul Aswad Ad Duali untuk menulis sebuah buku tentang ilmu Nahwu (Qaidah Nahwiyah). Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dalam membaca dan memahami sumber ajaran Islam;
Gambar 10.9 Buku Nahwu - Membangun kota Kuffah. Kota Kuffah dibangun oleh khalifah Ali bin Abi Ṭalib dan dijadikan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, nahwu, tafsir, dan hadis.
Mari berdiskusi tentang beberapa kemajuan dunia Islam hasil dari perjuangan khalifah Ali bin Abi Ṭalib.
Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
- Peserta didik dalam satu kelas dibagi menjadi empat kelompok dengan kemampuan yang bervariasi
- Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang salah satu dari jasa khalifah Ali bin Abi Ṭalib, lalu membuat sajian materi yang berisi tentang:
- Riwayat singkat khalifah Ali bin Abi Ṭalib
- Jasa khalifah Ali bin Abi Ṭalib
- Keteladanan yang bisa dilakukan sebagai bentuk pengamalan jasa yang pernah dilakukan oleh khalifah Ali bin Abi Ṭalib.
- Selanjutnya presentasikan hasil diskusi dengan menggunakan model tim ahli (jigaw) atau Market Pleace Aktivity ( MPA ).
Ayo mengambil hikmah dari cerita!
Ceritakan hikmah apa yang dapat kamu ambil dari jasa dan perjuangan khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib?
- Jasa khalifah Uṡman bin Affan antara lain:
- menyempurnakan masjid Nabawi di Madinah
- Mengumpulkan Al-Qur’an dalam satu musḥaf
- Membentuk angkatan laut yang kuat.
- Memperluas wilayah kekuasaan Islam.
- Jasa khalifah Ali bin Abi Ṭalib antara lian:
- Menata dan memngembangkan administrasi negara dan mengganti beberapa gubernur yang diangkat oleh khalifah Uṡman bin Affan.
- Menarik kembali tanah milik negara dan harta baitul māl
- Penulisan buku pokok-pokok ilmu Nahwu.
- Membangun kota Kuffah sebagai pusat ilmu pengetahuan
- Mari kita mempelajari dan menjalankan ajaran agama Islam dengan baik, sebagai bentuk meneladani perjuangan khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib yang sangat berjasa terhadap kemajuan dan perkembangan dunia Islam.
- Tuliskan jasa-jasa yang pernah kalian lakukan dalam mengembangkan ajaran Islam di sekolah dan di rumah
Ayo mengenal diri sendiri dengan memberikan respon Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KD), dan Tidak Pernah (TP) pada pernyataan berikut!
Pernyataan dan Respon
- Saya berusaha untuk melakukan perbuatan yang terpuji di kelas, agar bisa menjadi contoh bagi teman lainnya.
- Alasan: .....................................
- Saya tidak segan-segan menegakkan kebenaran, walaupun memerlukan pengorbanan.
- Alasan: ......................................
- Saya selalu memberikan nasehat kepada teman yang tidak melaksanakan salat.
- Alasan: ......................................
- Saya berupaya mempelajari Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari.
- Alasan: ......................................
- Saya senang membaca kisah para sahabat Nabi, agar bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
- Alasan: ......................................
Ayo berkreasi membuat paparan materi
JASA–JASA
KHALIFAH UṠMAN BIN AFFAN
Nama Kelompok : ......................
Nama Anggota : .......................
Isi paparan minimal memuat :
- Siapakah Uṡman bin Affan
- Apa saja jasanya
- Penjelsasan dari masing-masing jasa tersebut
- Upaya yang bisa dilakukan sebagai bentuk pengamalan dari jasa tersebut
- Keteladanan dari jasa khalifah Uṡman bin Affan
TERIMA KASIH
Mari membuat paparan sederhana tentang jasa-jasa khlaifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib seperti contoh di atas, dengan ketentuan sebagai berikut:
- Paparan dibuat pada kertas karton atau menggunakan presentasi power point.
- Dikerjakan secara berkelompok yang beranggotakan 4 s.d 6 orang orang.
- Paparan yang sudah selesai, dipresentasikan dengan kelompok lain menggunakan tim ahli atau pasar ilmu
- Masing-masing kelompok saling memberikan komentar, saran, dan kritikan atas hasil paparan yang telah dibuat.
Bagi siswa yang telah menyelesaikan uji capaian dengan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka diberikan tugas tambahan berupa: membaca sumber bacaan lainnya kemudian menulis jasa lainnya dari khalifah Uṡman bin Affan dan Ali bin Abi Ṭalib berupa perjuangan,pengorbanan, dan kepeduliannya terhadap perkambangan dunia Islam.
Bacalah dengan cermat kisah berikut!
Kisah Pencuri Dirham Milik Sahabat Nabi
Suatu hari, seorang sahabat Nabi Muhammad saw. yang bernama Abdullah bin Mas’ud keluar dari rumahnya menuju pasar. Dengan bekal beberapa keping uang dirham, ia bergegas berjalan menuju ke pasar. Namun tanpa ia duga sama sekali, di tengah perjalanan, seorang pencuri yang sangat lihai berhasil mencopet uang-uang dirham miliknya tersebut.
Abdullah bin Mas’ud terkejut dengan kejadian itu. Peristiwa itu segera saja menjadi pusat perhatian orang-orang yang berada di lokasi kejadian. Banyak orang yang mengenal Abdullah bin Mas’ud ikut prihatin dengan musibah yang menimpanya.
Gambar 10.10 Pencuri Dirham |
Tidak hanya itu, salah seorang dari mereka bahkan mendoakan kesialan dan kebinasaan bagi pencuri yang berani-beraninya mengambil uang milik salah seorang sahabat terbaik Rasululllah saw.
Tetapi mendengat sumpah serapah orang-orang yang simpati padanya itu, ia justru menyabarkan mereka dengan berkata “Kalian jangan mendoakan kesialan dan kebinasaan untuknya. Akulah pemilik dirham-dirham itu! Aku akan mendoakan si pencuri itu, dan aku harap, kalian mau mengaminkan doaku,” ujar Abdullah bin Mas’ud. “Tentu saja kami akan mengaminkan doa Anda, Tuan...” jawab orang-orang itu.
Abdullah bin Mas’ud lalu berdoa:“Ya Allah, bila Engkau mengetahui bahwa sang pencuri dirhamku itu adalah orang yang membutuhkannya, maka berkahilah ia dengan dirham-dirham itu. Dan bila Engkau mengetahui bahwa ia sebenarnya tidak membutuhkannya, maka jadikanlah ini sebagai kemaksiatan terakhir yang ia lakukan dalam hidupnya, ya Allah...” Subhanallah, bukankah ini sebuah doa yang sangat luar biasa?
Sumber: 55 kisah hebat
Pengasah kecerdasan dan penajam nurani anak muslim
Catatan Orang Tua:
.......................................................................................
Komentar
Posting Komentar