Bab 5 Kelas 4
- KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya din i dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
- 1.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s.
- 2.16 Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi dan i pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
- 3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
- 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
- 1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s.
- 2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi dan i pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
- 3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
- 4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
- 1.18 Meyakini kebenaran kisah ,Nabi Harun a.s.
- 2.18 Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi dan i pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
- 3.18, Memahami kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
- 4.18 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
- 1.19 Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
- 2.19 Menunjukkan sikap berani dan sikap pantang menyerah sebagai implementasi dan i pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
- 3.19 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
- 4.19 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s
Peserta didik :
Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Harun a.s, dan Nabi Musa a.s. - Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Harun a.s., dan Nabi Musa a.s.
Materi Pembelajaran
Allah Swt. mengutus para Nabi dan Rasul untuk meluruskan kepercayaan manusia kepada Allah Swt. Juga membimbing manusia agar selamat dunia dan akhirat dengan menyembah hanya kepada Allah Swt.
Mempercayai Rasul-rasul Allah Swt. merupakan bagian dari rukun iman. Rasul juga menjadi teladan bagi akhlak manusia dalam kehidupan sehari-hari.
A. Kisah Teladan nabi Ayyub a,s
1.16, 2.16, 3.16, 4.16
Nabi Ayyub a.s. adalah keturunan dari Nabi. Ishaq a.s. bin Ibrahim a.s. Sedangkan dari garis ibunya, Nabi Ayyub a.s. adalah keturunan Nabi Luth a.s. Beliau menikah dengan Siti Rahmah putri dari Afrayim putra Nabi Yusuf a.s.
Nabi Ayyub a.s. adalah yang pandai, berakhlak mulia dan bijaksana. Beliau juga seorang nabi yang kaya-raya dan mempunyai banyak binatang ternak. Dikaruniai putra putri yang banyak. Meskipun kaya, Nabi Ayyub a.s. dikenal sebagai seorang yang dermawan. Beliau selalu menolong fakir miskin dan anak-anak yatim. Beliau juga tetap tekun beribadah. Kekayaan yang dimilikinya tidak membuat Nabi Ayyub a.s. melupakan Allah Swt. Beliau selalu beribadah sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt.
Ketaatan dan kekokohan iman Nabi Ayyub a.s. membuat iblis menjadi in dan dengki. Iblis memohon kepada Allah Swt. agar memberikan ujian yang sangat berat kepada Nabi Ayyub a.s.. Allah Swt. mengabulkan permohonan iblis dengan memberikan ujian kepada Nabi Ayyub a.s. berupa:
1.Allah Swt. mengambil harta benda yang dimiliki Nabi Ayyub a.s.
Ujian ini diterimanya dengan sabar, ikhlas, dan tawakal. Nabi Ayyub a.s. menyadari bahwa harta bendanya adalah milik Allah Swt. Nabi Ayyub a.s. tetap bersyukur dan beribadah kepada Allah Swt.
2.Allah Swt. mengambil anak-anak Nabi Ayyub a.s.
Nabi Ayyub a.s. menerimanya dengan sabar karena anak-anaknya adalah titipan Allah Swt. semata. Nabi Ayyub a.s. tetap sabar.
3. Allah Swt. memberikan penyakit kulit yang sangat parah kepada Nabi Ayyub a.s..
Walaupun dengan kondisi demikian, beliau tetap beribadah seperti dalam keadaan sehat bahkan bertambah tekun ibadahnya. Penyakit yang diderita Nabi Ayyub a.s. membuat semua saudara, dan temannya menjauhinya kecuali Rahmah, istrinya. Kaumnya enggan menemui Nabi Ayyub a.s., hanya istrinya yang sangat sabar merawat Nabi Ayyub a.s.. Melihat hal demikian, iblis menggoda Rahmah sehingga lama-kelamaan ia enggan merawatnya.
Nabi Ayyub a.s. berdoa agar penyakitnya cepat sembuh. Doa Nabi Ayyub a.s. dikabulkan oleh Allah Swt. Nabi Ayyub a.s. sembuh dari sakitnya seperti sedia kala. Nabi Ayyub a.s. kemudian menemui istrinya. Rahmah memohon maaf atas ketidaksabarannya dalam merawat Nabi Ayyub a.s.. Sejak saat itu Nabi Ayyub a.s. dan istrinya hidup rukun dan dapat kembali menyiarkan agama Allah Swt. ke seluruh negeri. Dalam waktu singkat Nabi Ayyub a.s. kembali menjadi orang yang kaya dan mempunyai banyak keturunan. Nabi Ayyub a.s. selalu bersyukur kepada Allah Swt. dalam keadaan susah maupun senang sehingga Nabi Ayyub a.s. mendapat gelar "abdan syakura atau hamba yang bersyukur".
Beberapa contbh perilaku sabar Nabi Ayyub a.s. yang bisa kalian teladani dalam kehidupan sehari-hari adalah:
a.Sabar dalam melaksanakan perintah Allah Swt., misalnya sabar dalam belajar.
b.Sabar dalam menjauhi larangan Allah Swt., misalnya tidak mencontek saat ulangan
c.Sabar dalam menghadapi musibah yang menimpa, misalnya sabar saat sakit
d.Sabar dalam menghadapi kenikmatan, misalnya sabar dalam mempergunakan harta yang dimiliki.
B. Kisah Teladan Nabi Musa a.s
1.19, 2.19, 3.19, 4.19
Nabi Musa a.s. keturunan Bani Israil. Ayahnya lmran bin Yasar, dan ibunya bernama Yukabad. Nabi Musa a.s. lahir di Mesir pada masa pemerintahan Raja Fir'aun. Suatu malam Fir'aun bermimpi yang ditafsirkan oleh peramal istananya bahwa akan lahir seorang bayi laki-laki dan i Bani Israil, yang kelak akan menjadi musuh kerajaan bahkan membinasakannya. Karena takut menjadi kenyataan, Firaun mengeluarkan undang-undang bahwa setiap bayi laki-laki yang lahir harus dibunuh.
Ketika Yukabad melahirkan Musa a.s., Allah Swt. memberikan ilham kepada kedua orang tua Musa untuk memasukkan Musa dalam sebuah peti dan menghanyutkan ke sungai Nil. Atas izin Allah Swt., bayi Musa ditemukan oleh istri Fir'aun yang bernama Asiyah kemudian dijadikan anak angkatnya. Untuk memenuhi kebutuhan air susunya, dicarilah ibu asuh. Atas kehendak Allah Swt., Yukabad (ibunya sendiri) yang menyusui dan mengasuhnya.
Dalam istana Fir'aun, Musa memperoleh asuhan dan pendidikan sesuai tradisi istana. Allah Swt. juga mengaruniainya hikmah dan pengetahuan sebagai persiapan tugas kenabian dan risalah yang diwahyukan kepadanya.
Suatu hari saat Musa remaja, ia melihat dua orang yang sedang berkelahi. Seorang dan i Bani. Israil dan seorang lagi adalah orang Mesir. Musa berusaha melerai keduanya. Namun orang Mesir tersebut malah menantang Musa. Lalu ia dipukul oleh Musa dan mati seketika.
Karena takut mendapat hukuman dan i Fir'aun, Musa memutuskan untuk meninggalkan Mesir. Musa pergi ke negeri Madyan, tempat tinggal Nabi Syuaib a.s.. Nabi Musa a.s. bertemu dengan keluarga Nabi Syuaib a.s. dan dinikahkan dengan salah satu putrinya yang bernama Shafira. Nabi Musa a.s. tinggal bersama Nabi Syuaib as selama 10 tahun. Karena merasa rindu dengan kedua orang tua asuhnya, Nabi Musa a.s. bersama istrinya bermaksud kembali ke Mesir.
Dalam perjalanan pulang ke Mesir, saat berada di Bukit Tursina Nabi Musa a.s. menerima wahyu dan i Allah Swt. berupa kitab Taurat. Nabi Musa a.s. mengajak Fir'aun dan seluruh rakyatnya menyembah Allah Swt. Mendengar hal tersebut, Fir'aun marah dan mengajak adu kemampuan untuk membuktikan kerasulan Nabi Musa a.s.. Firaun mendatangkan tukang-tukang sihir untuk menghadapi Nabi Musa as. Tali temali yang dilemparkan tukang sihir berubah menjadi ular kecil yang sangat banyak. Atas izin Allah Swt., Nabi Musa a.s melemparkam tongkat yang dibawanya, seketika itu juga tongkat tersebut berubah menjadi ular besar yang bergerak memakan ular-ular kecil milik para tukang sihir.
Para tukang sihir langsung bersujud dan menyatakan menyembah Allah Swt. Tetapi Fir'aun tetap menolak. la memerintahkan tentaranya untuk membunuh Nabi Musa a.s. dan para pengikutnya. Nabi Musa a.s. dan pengikutnya dikejar sampai di tepi laut Merah. Atas petunjuk Allah Swt.,.tongkat Nabi Musa a.s. dipukulkan ke Laut Merah, maka terbelahlah Laut Merah menjadi jalan yang dapat dilalui oleh Nabi Musa a.s. dan pengikutnya disusul Fir'aun dan bala tentaranya di belakang. Allah Swt. menyelamatkan Nabi Musa a.s. dan para pengikutnya yang beriman, sedangkan Firaun dan bala tentaranya mati tenggelam di tengah laut karena air laut kernbali menyatu.
Beberapa keteladanan Nabi Musa a.s. antara lain :
- Kesabaran Nabi Musa a.s. dalam melaksanakan perintah Allah Swt.
- Sifat pemberani Nabi Musa a.s. dalam menghadapi tantangan dan menyampaikan kebenaran kepada Fir'aun. Contoh meneladani sikap berani misalnya kita harus berani menegur teman yang mencoret-coret tembok, atau membuang sampah sembarangan. Berani bertanya kepada guru jika ada pelajaran yang belum dipahami.
- Tidak mengenal putus asa walaupun berhadapan dengan raja yang zalim
- Memiliki sikap rendah hati, tidak sombong dan angkuh
- Selalu menolong dan mendahulukan kepentingan umatnya. Sikap suka menolong Nabi Musa a.s. bisa dicontoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya, jika ada teman yang kesulitan memahami pelajaran bisa ditolong dengan mengajarinya dengan sabar.
- Nabi Musa a.s. seorang yang rajin dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu. Hal ini ditunjukkan ketika beliau hidup dengan Nabi Syuaib a.s.. Walaupun terbiasa hidup enak dan mewah di istana Firaun, tetapi Nabi Musa a.s. mau melakukan pekerjaan yang diberikan Nabi Syuaib a.s..
\Kegiatan
Bacalah kisah keteladanan Nabi Musa a.s. di atas. Bagaimana cara kita meneladani sikap dan perilaku Nabi Musa a.s.? Presentasikan hasilnya di depan kelas bergantian dengan teman yang lain! Kebijaksanaan guru, misalnya :
-Tekun dan tidak putus asa dalam be/ajar. Walaupun pelajorannya sulit, tetap rajin be/ajar dan berusaha memahami pelajaran.
-Rendah hati dan tidak sombong terhadap teman. Berteman dengan siapa saja tidak pilih kasih.
-Menolong teman yang membutuhkan
- Berani mengingatkan teman untuk berbuat kebaikan clan lain-lain
C. Kisah Teladan Nabi Harun a.s.
1.18, 2.18, 3.18, 4.18
Saat melaksanakan dakwahnya, Nabi Musa a.s. dibantu oleh saudara kandungnya yaitu Nabi Harun a.s.. Nabi Harun a.s. lahir tiga tahun lebih awal daripada Nabi Musa a.s.. Nabi Harun a.s. memiliki sifat lemah lembut, ramah dan senang menolong orang lain. Beliau juga seorang yang tegas, pemberani dan fasih clam berbicara. Suatu ketika, Nabi Musa a.s. meninggalkan kaumnya selarna 40 hari. Nabi Harun a.s. diserahi tugas untuk memimpin umatnya. Samiri, seorang munafik berhasil membujuk kaum Musa a.s.. Mereka diajak menyembah patung anak sapi. Nabi Harun a.s. dengan susah,payah mengingatkan dan berusaha membimbing mereka ke jalan yang benar, tetapi tidak mampu mencegah kesesatan tersebut. Saat kembali Nabi Musa a.s. marah menyaksikan kejadian itu. Nabi Musa a.s. memohon kepada Allah Swt. untuk mengampuni mereka. Allah Swt. mewahyukan bahwa tobat mereka tidak diterima. Nabi Musa a.s. dan Nabi Harun a.s. tidak berputus asa dan tetap mengajak umatnya kelalan yank benar.
Keteladanan dari kisah Nabi Harus a.s. antara lain:
- Kesabaran dan ketabahan Nabi Harun a.s. dalam melaksanakan perintah Allah Swt. begitu kuat
- Nabi Harun a.s. adalah seorang yang rajin
- Nabi Harun a.s. adalah seorang yang sangat jujur dalam membantu Nabi Musa a.s. menyebarkan ajaran Allah Swt.
- Nabi Harun a.s. adalah seorang yang teguh dalam melaksanakan amanah.
D. Kisah Teladan Nabi Dzulkifli a.s.
Nabi Dzulkifli a.s. adalah putra dan i Nabi Ayyub a.s.. Dzulkifli adalah gelar. Nama aslinya adalah Bashar bin Ayyub. Dzulkifli artinya sanggup. Gelar ini diberikan kepadanya karena dia mampu menjalankan amanat raja. Nabi Dzulkifli a.s. adalah sosok yang sabar.
Di negeri tersebut sada seorang raja yang sudah sangat tua, sedangkan iá tidak memiliki anak. Raja itu sudah tidak sanggup lagi memegang pemerintahan kerajaan. Raja mengumumkan kepada rakyatnya bahwa bagi siapa saja yang sanggup berpuasa pada slang hari, dan beribadah di malam hari serta tidak marah akan diserahi kerajaan yang dipimpinnya. Dan i sekian banyak rakyat, Dzulkiflilah yang sanggup melaksanakannya.
Setelah menjadi Raja, Nabi Dzulkifli a.s. mengatur waktunya dengan tertib. Sebagian waktunya untuk mengurus kerajaan, melayani umat dan sebagian lagi untuk tidur. Siang harinya untuk berpuasa, dan malam hari beribadah kepada Allah Swt.
Pada suatu ketika terjadilah peperangan di negeri itu dengan orang-orang yang durhaka kepada Allah Swt. Raja memerintahkan rakyat untuk maju ke medan perang tetapi mereka membantahnya. Mendengar bantahan rakyatnya, Nabi Dzulkifli a.s. tidak serta merta marah. la tetap bersabar clan berdoa kepada Allah Swt. Lalu turunlah wahyu kepada Nabi Dzulkifli a.s.: "Wahai Dzulkifli, Aku telah mengetahui akan permintaan mereka dan Aku mendengar doamu don semuanya akan Aku kabulkan".
Dalam usianya yang semakin tua, Nabi Zulkifli a.s. terus berdakwah. Pengikutnya semakin banyak. Beliau tetap menjalankan tugas sebagai rasul dan raja hingga akhir hayat. Nabi Zulkifli a.s. wafat di Syam.
Keteladanan dari kisah Nabi Dzulkifli a.s. antara lain:
- Nabi Dzulkifli a.s. seorang yang takwa kepada Allah Swt. Beliau telah memberi contoh bahwa hanya Allah Swt. yang patut kita•sembah
- Nabi Dzulkifli a.s. seorang' yang bertawakal kepada Allah Swt. Walaupun banyak cobaan yang menimpanya, Nabi Dzulkifli a.s. tetap bertawakal kepada Allah Swt.
- Nabi Dzulkifli a.s. seorang Nabi dan raja yang sangat memperhatikan rakyatnya. Di bawah kepemimpinannya, Syam berkembang menjadi wilayah yang makmur dan sejahtera.
Setelah membaca kisah Nabi Ayyub a.s. dan Nabi Dzulkifli a.s. di atas, tuliskan kesamaan sifat
1 Nabi Ayyub a.s. don Nabi Dzulkifli a.s. sama-sama memiliki sifat sabar, tabah dan selalu bertawakal kepada Allah Swt Walaupun banyak cobaan yang menimpa tidak pernah mengeluh, selalu sabar dan bertawakal Allah Swt. Selalu toot beribadah clan bersyukur kepada Allah Swt.
Jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah ini!
1.Pelajaran apakah yang bisa kalian ambil dari kisah Nabi Ayyub a.s.?
Jawab: Pelajaran untuk selalu bersikap sabar, tabah, bertawakal dan berbaik sangka kepada Allah Swt. Tetap taat beribadah dalam keadaan suka maupun duka.
2.Nabi Ayyub a.s. kaya raya tetapi beliau tidak sombong. Jelaskan!
Jawab : Nabi Ayyub a.s. memiliki banyak binatang temak, lahan pertanian yang luas dan rumah..Tetapi Nabi-Ayyub a.s. tetap dermawan menolong fakir rniskin dan anak yatim. Nabi Ayyub a.s. juga tetap tekun beribadah kepada Allah Swt.
3. Mengapa saat bayi, Nabi Musa a.s. dihanyutkan ke sungai Nil oleh ibunya?
Jawab Untuk menghindari kekejaman Firaun yang hendak membunuh semua bayi laki-laki yang lahir
4. Sebutkan 1 (satu) bukti bahwa Nabi Harun a.s. adalah seorang yang menjaga amanah!
Jawab: Suatu ketika, Nabi Musa AS meninggalkan kaumnya selamo 40 hari. Nabi Harun a.s diserahi tugas untuk memimpin umatnya. Nabi Harun AS dengan berusaha membimbing mereka kejalan yang benar
5. Kengapa Bashar bin Ayyub diberi gelar Dzulkifli? Jelaskan!
Jawab: Karena Bashar bin Ayyub mampu menjalankan amanat dan i raja yaitu sanggup berpua,sa pada siang hari, clan beribadah di ma'am hari serta tidak marah
KD 3.16
1. Nabi Ayyub a.s. adalah seorang Nabi yang
mempunyai sifat
A.sombong
B.pendendam
C. pemarah
D. dermawan
Pembahasan : Nabi Ayyub adalah Rasul Allah keturunan Nabi 'shag bin Ibrahim. Dan i garis ibunya merupakan keturunan Nabi Luth. Nabi Ayyub seorang nabi yang kaya raya dan mempunyai
banyak binatang temak serta putra yang banyak. 7.
Meskipun kaya, Nabi Ayyub dikenal sebagai seorang yang dermawan. Harta kekayaan yang dimilikinya digunakan untuk membantu fakir miskin dan orang lain yang membutuhkan
2. Nabi Ayyub a.s. dikaruniai oleh Allah Swt.
A.kerajaan yang luas
B.wajah yang rupawan
C.harta yang berlimpah
D.ilmu yang sangat luas
Pembahasan : Lihat pembahasan soal no. 1 di atas
3. Berikut adalah ujian dan i Allah Swt. kepada Nabi Ayyub a.s., kecuali
A.kematian seluruh putra-putrinya
B.penyakit kulit yang parah dan lama
C.seluruh ternaknya mati
D.anak-anaknya menjadi durhaka
Pembahasan : Nabi Ayyub diuji Allah dengan kematian putra putrinya, ternak-ternaknya mati, menjadi miskin serta penyakit kulit yang sangat parah. tetapi Nabi Ayyub tetap toot beribadah kepada Allah
4. Ketika diuji dengan kemiskinan, Nabi Ayyub a.s.....
A.malas beribadah
B.putus asa dan menyerah
C.mengeluh kepada Allah Swt.
D.tetap rajin beribadah
Pembahasan : Lihat pembahasan soal no. 3 di atas
5. Contoh perilaku yang sesuai dengan kisah Nabi Ayyub a.s. adalah
A.selalu mengeluh dalam menghadapi kesulitan
B.sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan
C.putus asa ketika tidak dapat meraih apa yang diinginkan
D.bersikap sombong ketika mempunyai kelebihan harta
Pembahasan : Sabar clan tabah ketika menghadapi cobaan meneladani perilaku Nabi Ayyub a.s.
KD 3.17
6. Nabi Dzulkifli a.s. adalah putra dani
A.Nabi lshak a.s.
B.Nabi Ayyub a.s.
C. Nabi Ilyasa a.s.
D. Nabi Nuh a.s.
Pembahasan : Bashar bin Ayyub adalah putra Nabi Ayyub, karena sanggup menepati amanah Raja untuk berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari serta tidak marah, Bashar bin Ayyub diberi gelar Dzulkifli
7. Nama asli Nabi Dzulkifli a.s. adalah
A.Imran bin Yasar
B.Basher bin Ayyub
C.lsyhak bin Ibrahim
D.Abu Bakar bin Ayyub
Pembahasan : Lihat pembahasan soal no. 6 di atas
8. Dzulkifli adalah gelar yang diberikan oleh Raja yang memerintah saat itu, artinya orang yang
A.sabar menerima cobaan
B.sanggup menepatijanji
C.sopan bertutur kata
D.adil dalam bertindak
Pembahasan : Lihat pembahasan soal no. 6 di atas
9. Perilaku teladan dan i Nabi. Dzulkifli a.s. antara
lain ....
A.sabar dan amanah
B.sabar dan dermawan
C.amanah dan berani
D.sabar, amanah dan takabur
Pembahasan : Nabi Dzulkifli menerima cobaan dengan sabar, menjalankan amanah dengan sabar dan penuh tan ggung jawab, beliGu mampu memegang teguh kepercayaan yang diberikan
10. Nabi Dzulkifli a.s. juga seorang raja yang selalu mendahulukan kepentingan
A.keluarganya
B.kelompoknya
C. rakyatnya
D. pribadinya
Pembahasan : Da lam memim pin kerajannya, Nabi Dzulkifli selalu mengutamakan kepentingan rakyatnya. Beliau seorang raja yang sangat memperhatikan rakyat
11. Berikut adalah contoh sikap takwa kepada Allah Swt., kecuali
A.menghormati orang tua
B.memberi bantuan fakir miskin
C.berpuasa di bulan Ramadhan
D.memberitahukan jawaban ulangan kepada teman sebangku
Pembahasan : Soling bekerja sama dengan teman ketika ulangan termasuk perbuatan tidak jujur
KD 3.18
12. Saudara Nabi Musa a.s. yang membantu perjuangannya berdakwah kepada Raja Firaun bernama
A.Nabi Sulaiman a.s.
B.Nabi Isa a.s.
C.Nabi Harun a.s.
D.Nabi,Dawud a.s.
Pembahasan : Nabi Harun a.s diutus Allah untuk membantu dakwah Nabi Musa a.s
13. Nabi Harun a.s. dikenal dengan
A.kedermawanan dan kesabararinya
B.kefasihan tutur katanya
C.keberanian dan kesabarannya
D.kesabaran dan kedermawanannya
Pembahasan : Salah satu kelebihan Nabi Harun
adalah tutur katanya sangat santun dan fasih
14. Perilaku ramah meneladani Nabi Harun a.s. yaitu
A.turut membagikan zakat fitrah
B.berpuasa Senin Kamis
C.mengucapkan salam setiap kali bertamu
D.melaksanakan salat lima waktu
Pembahasan : Mensgucapkan salam setiap kali bertemu teman adalah contoh meneladani keramahan Nabi Harun as
15. Nabi Harun a.s. juga seorang yang memiliki sifat sangat
A.kikir
B.pendendam
C. jujur
D. pembohong
Pembahasan : Selain fasih tutur katanya, Nabi Harun as adalah seorang yang jujur, lemah lembut, suka menolong dan ramah
KD 3.19
16. Nabi Musa a.s. hidup pada masa raja
A.Qarun
B.Namrud
C. Firaun
D. Abrahah
Pembahasan : Nabi Musa lahir pada zaman pemerintahan raja Firaun yang zalim. Karena ramalan ahli nujum kerajaannya, ia men geluarkan undang-undang untuk membunuh setiap bayi
lakilaki yang lahir di negeri itu
17. Nabi Musa a.s. pergi ke istana Raja Firaun untuk menyampaikan dakwahnya agar bersedia
A.memberikan kekuasaannya pada Nabi Musa a.s.
B.membagikan hartanya untuk fakir miskin di seluruh negeri
C.mengakuinya sebagai nabi yang mulia
D.menyembah kepada Allah Swt.
Pembahasan : Walaupun menghadapi Firaun yang kejam, Nabi Musa dengan berani berdakwah mengajak Firaun untuk menyembah Allah
18. Keteladanan yang dapat diambil dari kisah Nabi Musa a.s. adalah
A.mukjizat yang dimilikinya
B.ketampanan dan kecerdasannya
C.kekayaan dan jabatannya
D.keberaniannya menyampaikan ajaran Allah Swt.
Pembahasan : Lihat pembahasan soal no. 17 di atas
19. Salah satu sikap yang meneladani keberanian Nabi Musa a.s. yaitu
A.menanyakan pelajaran yang belum dikuasai kepada bapaktibu guru
B.mencontek ketika ulangan
C.merebut mainan adik
D.bertengkar dengan teman yang lebih besar
Pembahasan : Jika belum memahami pelajaran yang disampaikan bapak/ibu guru harus berani menanyakan dengan bahasa yang santun
20. Saat Nabi Musa a.s. dan pengikutnya dikejar oleh Firaun dan tentaranya di laut merah, dengan izin Allah Swt. tongkat Nabi Musa a.s. yang dipukulkan ke laut mengubah lautan itu
menjadi
A.menyerang Firaun dan tentaranya
B.mengeluarkan ombak besar ke arah tentara Firaun
C.terbelah sehingga Nabi Musa a.s.
dan pengikutnya bisa selamat
D.membeku dan bisa dilewati Nabi Musa a.s. dan pengikutnya
Pembahasan : Salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Musa adalah ketika tongkathya dipukulkan ke laut merah, maka laut menjaditerbelah membentukjalan sehingga Nabi Musa dan pengikutnya selamat dani kejaran Firaun dan tentaranya
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan tepat!
KD 3.16
1.Nabi Ayyub a.s. diberi gelar "abdan syakura" yang artinya hamba yang bersyukur
2.Dalam keadaan kaya dan miskin, Nabi Ayyub a.s. tetap bersyukur kepada Allah Swt.
3.Nabi Ayyub a.s. selalu sabar dan tabah menghadapi ujian dan i Allah Swt.
KD 3.17
4.Nama ash i Nabi Dzulkifli a.s. yaitu Bashar bin Ayyub
5.Nabi Dzulkifli a.s. adalah seorang Nabi dan juga seorang raja
KD 3.18 .
6.Salah satu kelebihan Nabi Harun a.s. adalah fasih dalam berbicara, bertutur kata
7.Nabi Harun a.s.-selalu membantu dakwah Nabi Musa a.s. seperti tugas yang diberikan Allah
Swt. Hal ini memliuktikan sifat dan i Harun a.s. yaitu bersikap amanah
KD 3.19
,
8.Nabi Musa a.s. diasuh dan dibesarkan di istana Ftraun
9.Dalam menyampaikan agama Allah Swt., Nabi Musa a.s. tidak pernah merasa takut
10.Dalam berdakwah, Nabi Musa a.s. dibantu oleh saudaranya yaitu Nabi Harun a.s.
KD 3.16
1.Bagaimanakah kehidupan Nabi Ayyub a.s. sebelum diuji oleh Allah Swt.? Jawab : NabiAyyub a.s. seorang yang kaya raya, memilikitemak yang banyak, lahan pertanian luas, dan memiliki putra putri yang banyak
2.Bagaimanakah sikap Nabi Ayyub a.s. ketika diuji Allah Swt. dengan kemiskinan dan penyakit? Jawab: Tetap sabar, tabah, bertawakal dan selalu bersyukur kepada Allah Swt.
KD 3.17
3.Tulislah perilaku teladan Nabi Dzulkifli a.s.!
Jawab: Sabar, tabah, bertakwa, bertawakal, selalu bersyukur dan sangat memperhatikan rakyat
KD 3.18
4.Sebutkan 2 (dua), contoh perilaku meneladani sikap lemah lembut Nabi Harun a.s. dalam kehidu pan sehari-hari!
Jawab: Kebijaksanaan guru, misalnya : berkata santun dan tidak membentak orang tua, men gasuh adik dengan penuh kasih sayang dll
KD 3.19
5.Bagaimana sikap Nabi Musa a.s. dalam berdakwah,menyampaikan agama Allah Swt.? Jawab: Berani dan pantang menyerah
KD 3.16
1.Nabi Ayyub a.s. adalah seorang nabi yang dermawan. Harta benda yang
dimiliki disedekahkan kepada fakir miskin. KD 3.18
2.Nabi Harun a.s. diutus Allah Swt. untuk membantu dakwah Nabi Musa a.s.
KD 3.17
3.Nabi Dzulkifli a.s. selalu mengutamakan kepentingan rakyatnya
KD 3.19
4.Untuk menyelamatkannya waktu bayi, lbu Nabi Musa a.s. menghanyutkannya di
sun gai Nil
5.Seorang umat Nabi Musa a.s. yang murtad dan menghasud kaum bani lsrail untuk
menyembah patung sapi bernama Samiri
„.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
KD 3.16
1.Bagaimana ibadah Nabi Ayyub a.s. kepada Allah Swt. saat miskin dan sakit kulit?
Jawab: Tetap tekun dan taat seperti saat kaya raya.
KD 3.17
2.Bagaimanakah sikap Nabi Dzulkifli a.s. dalam memimpin rakyatnya?
Jawab : Penuh perhatian, sangat mengutamakan kepentingan rakyatnya
KD 3.18
3.Bagaimana sikap Nabi Harun a.s. ketika diminta Nabi Musa a.s. untuk menjaga kaum bani lsrail?
Jawab: Menerima dengan penuh tanggung jawab
4.Sebutkan sikap teladan Nabi Harun a.s.! Jawab: Sabar, tabah, jujur, rajin, amanah
KD 3.19
5.Bagaimana sikap Nabi Musa a.s. ketika berdakwah kepada Firaun? Jawab: Berani dan pantang menyerah
Berilah tanda centang pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan jujur dan penuh
Sikap
4
Kadang-
. Ya . Tidak ;
1 1 kaciang '
. + .
. : Aku membagi bekalku dengan teman-temanku ,
,
I I t 4
t - - +
i 2 ; Saat sakit, aku selalu mengeluh dan marah-marah . .
, , .
[I III + + .:.
,
Aku merawat orang tuaku yang sakit dengan penuh kasih sayang
. : dan mendoakannya agar cepat sembuh 1
,
, 1
1 Aku mengucapkan syukur kepada Allah Swt. ketika mendapat
nilai bagus dalam ulangan
I .:.
A. Berilah tanda silang (x) huruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar!
KD 3.1
1. Surat al Falaq terdiri dan i ayat
A.empat C. enam
B.lima D.' tujuh
2. Bunyi ayat ketiga surat al Falaq ditunjukkan
A.
B.
C.
D.
3. Perhatikan ayat berikut!
, .
0
<
Arti ayat di atas adalah
A.dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita
B.dan i kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan
C.
dan dan i kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki
D.Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai Subuh
4. Salah satu manfaat membaca surat al Falaq. adalah
A.dapat membedakan antara yang benar dan salah
B.terlindungi dari berbagai kejahatan
C.terjamin masuk surga
D.terhindar dan i perbuatan buruk
5. Perhatikan ayat berikut!
0 0
Lafal yang digaris bawah, berturut-turut dibaca dengan hukum bacaan
A.ikhfak dan idhar •
B.idhar dan idgham bighunah
C.ikhfak dan idgham bighunah
D.ikhfak clan idgham bilaghunah
KD 3.2
6. Alam semesta dan keteraturan di dalamnya adalah bukti adanya
A.iman C. Allah Swt.
B.Malaikat D. tata surya
KD 3.3
7. Allah Swt. akan membalas amal perbuatan seseorang sesuai dengan yang diperbuat. Hal ini menunjukkan bahwa Allah Swt.
bersifat
A.ar-Rahman C. al-Azim
B.al-Basir D. al-tAdlu
8. Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan sangat kecil yang
ada di bumi dan di langit. •
Allah Swt. Maha Melihat merupakan makna dani
A.al-'Adlu C. al-Basir
B.al-Azim D. as-Sami'
9. Asmaul Husna al-Azim artinya
A.Yang Maha Mendengar
B.Yang Maha Melihat
C.Yang Maha Agung
D.Yang Maha Adil KD 3.5
10. Di antara 25 Rasul yang wajib kita imani, ada yang termasuk kelompok Rasul Ulul Azmi, yaitu
A.Nabi Nub* a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Isa, a.s., Nabi Ibrahim a.s., dan Nabi Muhammad Saw.
B.Nabi Nuh a.s., Nabi Musa a.s., Nabi 'Ismail a.s., Nabi Ibrahim a.s., dan Nabi Muhammad Saw.
C.Nabi Sulaiman a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Ismail a.s., Nabi Ibrahim a.s., dan Nabi Muhammad Saw.
D.Nabi Ayyub a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Sulaiman a.s., Nabi Ismail a.s., dan Nabi Muhammad Saw.
11. Seorang Rasul pasti bersifat fatanah, artinya
A.benar C. dapat dipercaya
B.cerdas D. • menyampaikan
KD 3.6
12. Seseorang yang selalu menjaga adab kesopanan dalam pergaulan sehari-hari disebut orang yang memiliki sifat
A.sombong C. kurang ajar
B.rendah hati D. santun
KD 3.9
13. Berikut contoh perilaku jujur dalam kehidupan yaitu
A.tidak mau mengakui kelebihan orang
lain dan kekurangan din i sendiri
B.menemukan uang milik teman dan mengembalikannya
C.bersikap ramah dan tidak mernbedakan
D.tekun belajar untuk meraih cita-cita KD 3.10
14. Orang yang bisa dipercaya berarti ia dapat memegang
A.perilakunya C.. urusannya
B.amanah D. akhlaknya
,KD 3.11
15. Salah satu contoh sikap menghormati orang tua adalah
A.membantah nasehatnya
B.melaksanakan tugas jika ada imbalan
C.membiarkan orang tua membereskan
rumah sendirian
D. mendoakan orang tua
16. Ketika bapak/ibu guru sedang mengajar, kita harus
A.memperhatikannya dengan balk
B.asyik berbicara dengan teman
C.menggambar sendiri
D.mengerjakan tugas pelajaran lain
KD 3.14
17. Cara mensucikan hadas besar adalah dengan
A.tayamum C. mandi
B.istinjak D. wudu
18. Rukun wudu ada
A.empat C. enam
B.lima • D. tujuh
19. Tayamum dilakukan jika
A.udara dingin
B.tidak ada air
C.takut terkena air
D.tidak ingin basah
BUKU PEGANGAN GURU PAI DAN BP untLik SD Kelas 4/Smt. 1
20. Alat yang digunakan untuk bertayamum adalah
A.air C. kertas
B.debu tanah D. kayu KD 3.16
21. Ketika diberi cobaan dan ujian oleh Allah Swt, Nabi Ayyub a.s. semakin bertambah
A.sombong C. kikir
B.bnannya D. riya'
KD 3.17
22. Perilaku teladan dan i Nabi Dzulkifli a.s. antara lain ....
A.sabar don amanah
B.amanah dan berani
C.sabar dan dermawan
D.sabar, amanah'clan takabur
KD 3.18
23. Nabi Harun a.s. diutus Allah Swt: untuk dakwah Nabi Musa a.s.
A.menyempurnakan
B.menghalangi
C.membantu
D.merintangi
KD 3.19
24. Nabi Musa a.s. hidup pada masa raja ....
A.Qarun C. Firaun
B.Namrud D. Abrahah
25. Nabi'Musa a.s. mempunyai sikap pemberani dalam hal ....
A.memperjuangkan kekuasaan
B.mengalahkan penantangnya
C.menegakkan kebenaran
D.melawan raja Firaun
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan tepat!
KD 3.1
1.Ayat di samping merupakan surat at Falaq ayat ke empat (4)
" •
2.J7c..)"%i Arti ayat di samping adalah Dan dan i kejahatan orang
yang dengki bila ia dengki
3.Memohon perlindungan kepada Allah Swt. dengan cara KD 3.2
4.Alam semesta dan seluruh isinya adalah bukti adanya Sang Pencipta yaitu
KD 3.3
5.Allah Swt. memiliki, Asmaul Husna al-Azim, artinya Yang Maha Agung
KD 3.5
6.Dua orang Nabi yang membangun Ka'bah adalah Nabi Ibrahim a.s. clan NabiJsmail a.s.
KD 3.9
7.Santun artinya selalu menjaga adab kesopanan dalam pergaulan
KD 3.14
8.Rukun wudu ada enam (6)
9.Pengganti wudu jika tidak ditemukan air adalah tayamum
KD 3.18
10.Perilaku teladan Nabi Dzulkifli a.s. antara lain sabar, amanah
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
KD 3.1
Tulislah bunyi ayat kedua surat al Falaq lengkap dengan artinya!
Jawab: Artinya : Dan i kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan
BUKU PEGANGAN GURU PAI DAN BP untuk SD Kelas 4/Smt. 1
KD 3.3
2.Apakah pengertian Asmaul Husna al-'Adlu?
Jawab: Allah Swt Yang Maha Adil terhadap semua makhluk-Nya. Allah 'Swt. juga akan memberikan balasan yang setimpal atas semua amal perbuatan makhluk-Nya
KD 3.10
3.Apakah arti jujur? Berikan 2 manfaat bersikap jujur!
Jawab: Jujur artinya berkata benar, tidak berbohong.
Contohnya : tidak mencontek, tidak korupsi, men gembalikan sisa uang belanja
seluruhnya, men gembalikan barang yang ditemukan dll
KD 3.14
4.Sebutkan rukun wudu!
Jawab: a) Membaca niat, b) Membasuh muka, c) Membasuh kedua lengan Sam pal siku, d) Membasuh .sebagian rambut kepala, e) Membasuh kedua kaki sampai dengan mata - kaki, f) Tertib atau berurutan
KD 3.18
5.Sebutkan sikap keteladanan dan i Nabi Ayyub a.s.!
Jawab: Sabar, tabah, taat beribadah dalam suka maupun duka, selalu bersyukur, berbaik sangka dan bertawakal kepada Allah Swt.
afitar Pustaka
Abdullah Asy'ari, 1987. Pelajaran Tajwid. Surabaya : Apollo
Asep Puji, dkk, 2011. Ayo Mengaji 4. Pendidikan Agama Islam SD Kelas IV. Jakarta : Pusat
Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
Faesal Ghozaly, dkk, 2014. Buku Siswa. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/
MI Kelas IV - Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faesal Ghozaly, dkk, 2016. Buku Siswa. Pendidikan Agama Islam don Budi Pekerti Untuk SD/
MI Kelas IV - Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faesal Ghozaly, dkk, 2017. Buku Guru. Pendidikan Agama Islam clan Budi Pekerti Untuk SD/
MI Kelas IV - Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasyim Taufiq, Abdul Jabar, 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI
Kelas /V Depok : CV. Arya Duta
Moh. Rifai, 1996. Riwayat 25 Nabi dan Rasul. Semarang : Karya Toha Putra
Moh. Rifai, 2006. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang : Karya Toh.i Putra
Tim Penyusun, 2010. Kurikulum 2010 Standar Isi Baca Tulis al Qur'an
www.google.co.id
Komentar
Posting Komentar