Analisis Bahan Ajar EVAPEM KB-4
Instruksi
Silahkan
Bapak/Ibu menyimak video dan membaca 2 file jurnal serta materi dari dosen di
LMS, kemudian sampaikan pendapat Bapak/Ibu terkait cara remedial dan pengayaan
materi pada mata pelajaran PAI yang sesuai dengan kondisi sekolah Bapak/Ibu
sendiri !
Berdasarkan pada analisis butir soal pasca penilaian
maka
-
Untuk siswa
yang remidi diharuskan mengerjakan ulang soal yang sama . Karena melalui google
form sehingga lebih mudah.
-
Untuk yang
pengayaan, saya akan membuat penugasan berbasis produk seperti mengarang ,
menyampaika cerita, menggambar kaligrafi dan lainnya
Komponen Analisa bahan ajar
a.
Tulislah 5 konsep dan deskripsinya
yang Anda temukan di dalam Bahan Ajar.
1. kompetensi inti merupakan
gambaran mengenai kompetensi
utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap (afektif), pengetahuan
(kognitif), dan keterampilan (psikomotor) yang harus dimiliki oleh peserta
didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Keempat kelompok
itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap
peristiwa pembelajaran secara integratif.
2. Pengajaran pengayaan lahir sebagai respon (jawaban) terhadap adanya
keunikan kemampuan peserta didik. Keunikan ini bisa bersifat kuantitatif maupun
kualitatif. Keunikan kuantitatif, yaitu keunikan berdasarkan tes IQ
3. materi dan waktu pelaksanaan pengajaran pengayaan sebagai berikut,
yaitu (1) materi pengayaan diberikan sesuai dengan kompetensi dasar yang
dipelajari. (2) Waktu pelaksanaan pengajaran pengayaan yaitu, (a) setelah
mengikuti tes/ujian KD tertentu, (b) setelah mengikuti tes/ujian blok atau
kesatuan KD tertentu, dan (c) setelah mengikuti tes/ujian KD atau Blok terakhir
pada semester tertentu.
4. Bagi guru, menyiapkan siswa agar siap mengikuti pengajaran pengayaan
bukanlah hal yang mudah. Apalagi sebagian besar siswa kurang merminat mengikuti
pengajaran pengayaan. Tidak jarang ada siswa yang menganggap bahwa pengajaran
pengayaan tidak penting diikuti karena mereka menganggap mendapatkan nilai di
atas KKM sudah sangat bagus. Hal ini dibuktikan dari ungkapan guru di bawah
ini.
5. pembelajaran
remedial merupakan upaya guru (dengan atau tanpa bantuan/ kerjasama dengan ahli
atau pihak lain) untuk menciptakan situasi yang memungkinkan individu atau
kelompok siswa tertentu lebih mampu mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sehingga
dapat memenuhi kriteria keberhasilan minimal yang diharapkan. Tujuan
kegiatan remedial adalah (1) agar siswa dapat memahami dirinya, khususnya
prestasi belajarnya. (2) dapat memperbaiki/mengubah cara belajar siswa ke arah
yang lebih baik. (3) dapat memilih materi dan fasilitas belajar secara tepat.
(4) dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya
hasil belajar yang jauh lebih baik. (5) dapat melaksanakan tugas-tugas belajar
yang diberikan kepadanya, setelah ia mampu mengatasi hambatan-hambatan yang
menjadi penyebab kesulitan belajarnya, dan dapat mengembangkan sikap serta
kebiasaan yang baru dalam belajar.
b.
Lakukan evaluasi dan refleksi atas
pemaparan materi pada Bahan Ajar.
Materi yang
disampaikan sangat membantu dalam memahami tentang pengayaan dan remidi.
Paparan terhadap permasalahan sebagai hasil penelitian dapat menjadi gambaran
apa yang harus saya laksanakan ketika menghadapi permasalahan-permasalahan
sebagaimana ada di materi
c.
Tulislah kelebihan dan kekurangan
terkait dengan penjelasan materi pada Bahan Ajar.
Kelbihan adalah
kontekstualisasi terori yang sangat baik
Kekurangan adalah
sebagai Mapel yang multi dimensi, PAI+BP jarang sekali menjadi objek penelitian
sehingga khasanah keilmuan kita dipenuhi referensi yang bukan representasi dari
PAI. Ketersisihan Pendidikan Agama dan keagamaan dari ranah riset sangat menghawatirkan.
Fenomena hilangnya frase madrasah dalam RUU sisdiknas , menjadi gambaran dari
proses panjang tersingkirnya agama dan keagamaan dari struktur keilmuan.
d.
Kaitkan isi Bahan Ajar dengan nilai
moderasi beragama.
PAI+ BP sebagai
pelajaran yang lengkap, dimana didalamnya bergabung banyak sekali ilmu (baik
ilmu eksak( zakat, waris, hisab) dan non eksak, jasmani dan rohani, sosial
kemasyarakatan, bahasa asing) menjadikannya sangat berbobot. Dengan
pembelajaran yang baik akan menjamin keseimbangan kehidupan.
Komentar
Posting Komentar