Kisis
Lampiran III
Nomor : B-1697/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/04/2023
Tanggal : 18 April 2023
KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI
Sumber: KMA No. 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan
Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
Pedagogik 1
(Perencanaan Pembelajaran)
Kompetensi Inti 1.
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,
akhlak, spiritual, sosial, budaya, emosional, dan intelektual
1.
Memahami karakteristik
peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, emosional, moral,
dan latar belakang sosial budaya
2.
Mengidentifikasi potensi
peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan
3.
Mengidentifikasi kemampuan
awal peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan
4.
Mengidentifikasi kesulitan
belajar peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan
Kompetensi Inti 3.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang
pengembangan PAI
1.
Memahami prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum PAI.
2.
Menentukan tujuan kegiatan
pengembangan PAI yang mendidik.
3.
Menentukan kegiatan belajar
yang tepat untuk mencapai tujuan pengembangan PAI.
4.
Memilih materi kegiatan
sesuai dengan tujuan pengembangan Pendidikan Agama Islam.
5.
Menyusun perencanaan
semester, bulanan, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan
PAI.
6.
Mengembangkan indikator dan
teknik penilaian PAI.
Pedagogik 2
(Model Pembelajaran)
Kompetensi Inti 2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
1.
Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan
pengembangan PAI.
2.
Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang bersifat holistik,
otentik, dan bemakna, yang terkait dengan pengembangan PAI
Kompetensi Inti 4.
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik
1.
Memahami prinsip-prinsip
perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
2.
Mengembangkan komponen-
komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan
3.
Menyusun rancangan kegiatan
pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,
maupun di luar kelas
4.
Menerapkan kegiatan
pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna
5.
Menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan, demokratis, berkesetaraan gender, dan bermanfaat
6.
Memanfaatkan media dan
sumber belajar yang sesuai dengan pembelajaran PAI.
7.
Menerapkan tahapan
pembelajaran dalam kegiatan pengembangan PAI.
Kompetensi Inti 5.
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan
pengembangan PAI
1.
Mengoperasikan media
teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan
pengembangan PAI.
2.
Mengakses informasi melalui
teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan
pengembangan PAI.
3.
Menggunakan media teknologi
informasi dan komunikasi untuk pengembangan bahan dan kegiatan PAI yang
mendidik.
Kompetensi
Inti 6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
1.
Memilih berbagai kegiatan
belajar yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensinya.
2.
Menyediakan berbagai bahan
ajar PAI dan rancangan kegiatan pembelajarannya untuk mendorong peserta didik
mengembangkan potensinya secara optimal.
3.
Membuka akses peserta didik
untuk belajar PAI dan mendorong pengembangan potensinya
Kompetensi Inti 7.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan
peserta didik berkomunikasi
yang efektif, empatik, dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.
1.
Memahami berbagai strategi
2.
Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi pembelajaran
PAI.
3.
Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi sosial di
lingkungan satuan pendidikan.
4.
Berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan pemangku kepentingan PAI
Pedagogik 3 (Penilaian
Pembelajaran)
Kompetensi Inti 8.
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
1.
Memahami prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik
PAI.
2.
Menentukan aspek-aspek
proses dan hasil belajar yang penting untuk
dinilai dan dievaluasi sesuai dengan
karakteristik PAI.
3.
Menentukan prosedur
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.
4.
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan
hasil belajar PAI.
5.
Mengadministrasikan
penilaian proses dan hasil belajar PAI secara berkesinambungan dengan
menggunakan berbagai instrumen.
6.
Menganalisis hasil
penilaian proses dan hasil belajar PAI untuk berbagai tujuan.
7.
Melakukan evaluasi proses
dan hasil belajar PAI.
Kompetensi Inti 9.
Memanfaatkan
hasil penilaian dan evaluasi PAI untuk kepentingan pembelajaran
1.
Menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar PAI.
2.
Menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan PAI.
3.
Mengkomunikasikan hasil
penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI kepada pemangku kepentingan.
4.
Memanfaatkan informasi
hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
Profesional 1
(Pendalaman Materi Substantif PAI)
Kompetensi Inti 21.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran PAI
1.
Menguasai materi PAI
2.
Menguasai struktur materi
Agama Islam di berbagai sumber belajar yang relevan untuk pembelajaran PAI.
3.
Memahami konsep dasar
Pendidikan Agama Islam yang meliputi 5 (lima) aspek Pendidikan Agama Islam,
yaitu Al-Qur’an dan Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam.
4.
Menguasai pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI.
Kompetensi Inti 22.
Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata
pelajaran/bidang pengembangan PAI
1.
Memahami kemampuan peserta
didik dalam bidang PAI
2.
Memahami kemajuan peserta
didik dalam pembelajaran PAI.
3.
Memahami tujuan setiap
kegiatan pembelajaran PAI
Kompetensi Inti 23.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif
tingkat perkembangan peserta didik.
1.
Memilih materi PAI yang
sesuai dengan
2.
Mengolah materi PAI secara
kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
3.
Mengembangkan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan pengajaran yang proporsional sesuai
dengan tingkat pemahaman keagamaan peserta didik
Profesional 2 (Publikasi Ilmiah)
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran
Kompetensi Inti 10.
1.
Melakukan refleksi terhadap
pembelajaran PAI yang telah dilaksanakan.
2.
Memanfaatkan hasil refleksi
untuk perbaikan dan pengembangan PAI.
3.
Melakukan penelitian
tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI
Kompetensi Inti 24.
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif
1.
Melakukan refleksi terhadap
kinerja sendiri secara terus menerus.
2.
Memanfaatkan hasil refleksi
dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
3.
Melakukan penelitian
tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
4.
Mengikuti kemajuan zaman
dengan belajar dari berbagai sumber
Profesional 3 (Karya Inovatif)
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
berkomunikasi dan mengembangkan diri
Kompetensi Inti 25.
1.
Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
2.
Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri
Komentar
Posting Komentar