Kisis

 

Lampiran III

Nomor : B-1697/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/04/2023

Tanggal : 18 April 2023

KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI

Sumber: KMA No. 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah

Pedagogik 1

(Perencanaan Pembelajaran)

Kompetensi Inti  1.

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, akhlak, spiritual, sosial, budaya, emosional, dan intelektual

1.       Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya

2.       Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan

3.       Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan

4.       Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan

Kompetensi Inti 3.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan PAI         

1.       Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum PAI.

2.       Menentukan tujuan kegiatan pengembangan PAI yang mendidik.

3.       Menentukan kegiatan belajar yang tepat untuk mencapai tujuan pengembangan PAI.

4.       Memilih materi kegiatan sesuai dengan tujuan pengembangan Pendidikan Agama Islam.

5.       Menyusun perencanaan semester, bulanan, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan PAI.

6.       Mengembangkan indikator dan teknik penilaian PAI.

Pedagogik 2

(Model Pembelajaran) 

Kompetensi Inti 2.           

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

1.                   Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pengembangan PAI.

2.                   Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan pengembangan PAI

Kompetensi Inti 4.

Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik         

1.                   Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.

2.                   Mengembangkan komponen- komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan

3.                   Menyusun rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar kelas

4.                   Menerapkan kegiatan pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna

5.                   Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, demokratis, berkesetaraan gender, dan bermanfaat

6.                   Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pembelajaran PAI.

7.                   Menerapkan tahapan pembelajaran dalam kegiatan pengembangan PAI.

Kompetensi Inti 5.

                Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan PAI                        

1.                   Mengoperasikan media teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI.

2.                   Mengakses informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI.

3.                   Menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan bahan dan kegiatan PAI yang mendidik.

                Kompetensi Inti 6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.     

1.                   Memilih berbagai kegiatan belajar yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensinya.

2.                   Menyediakan berbagai bahan ajar PAI dan rancangan kegiatan pembelajarannya untuk mendorong peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal.

3.                   Membuka akses peserta didik untuk belajar PAI dan mendorong pengembangan potensinya

Kompetensi Inti 7.           

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik                  berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.

1.                   Memahami berbagai strategi

2.                   Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi pembelajaran PAI.

3.                   Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi sosial di lingkungan satuan pendidikan.

4.                   Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan pemangku kepentingan PAI

Pedagogik 3        (Penilaian Pembelajaran)

Kompetensi Inti 8.

                Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar             

1.       Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik PAI.

2.       Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar      yang      penting untuk dinilai       dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik PAI.

3.       Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.

4.       Mengembangkan     instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar  PAI.

5.       Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar PAI secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.

6.       Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar PAI untuk berbagai tujuan.

7.       Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.

Kompetensi Inti 9.

                Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi PAI untuk kepentingan pembelajaran

1.       Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar PAI.

2.       Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan PAI.

3.       Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI kepada pemangku kepentingan.

4.       Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Profesional 1

(Pendalaman Materi Substantif PAI)

Kompetensi Inti 21.                        

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI              

1.       Menguasai materi PAI

2.       Menguasai struktur materi Agama Islam di berbagai sumber belajar yang relevan untuk pembelajaran PAI.

3.       Memahami konsep dasar Pendidikan Agama Islam yang meliputi 5 (lima) aspek Pendidikan Agama Islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam.

4.       Menguasai pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI.

Kompetensi Inti 22.        

Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan PAI

1.       Memahami kemampuan peserta didik dalam bidang PAI

2.       Memahami kemajuan peserta didik dalam pembelajaran PAI.

3.       Memahami tujuan setiap kegiatan pembelajaran PAI

Kompetensi Inti 23.        

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif tingkat perkembangan peserta didik.

1.       Memilih materi PAI yang sesuai dengan

2.       Mengolah materi PAI secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3.       Mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan pengajaran yang proporsional sesuai dengan tingkat pemahaman keagamaan peserta didik

Profesional 2 (Publikasi Ilmiah)  

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran   

Kompetensi Inti 10.        

1.       Melakukan refleksi terhadap pembelajaran PAI yang telah dilaksanakan.

2.       Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan PAI.

3.       Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI

Kompetensi Inti 24.        

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif        

1.       Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

2.       Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

3.       Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

4.       Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber

Profesional 3 (Karya Inovatif)     

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Kompetensi Inti 25.        

1.       Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.

2.       Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

Komentar