ASAJ PAI 2025

 

1. Surah Al-Ma’un/107:1–7

Indikator: Memilih contoh perilaku riya’ yang harus dihindari
Level Kognitif: L1 (Pengetahuan)

Ayat Terkait:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ... فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ. الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ
"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?... Maka celakalah orang-orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang berbuat riya’." (Q.S. Al-Ma’un: 1, 4-6)

Soal:
Perhatikan pernyataan berikut!
"Seorang anak bersedekah di depan teman-temannya dengan harapan agar dipuji sebagai anak dermawan."

Perilaku anak dalam pernyataan tersebut merupakan contoh dari...
A. Ikhlas dalam bersedekah
B. Riya’ yang harus dihindari
C. Menjaga perasaan orang lain
D. Berbagi rezeki dengan sesama

Kunci jawaban: B


2. Surah Al-Ma’un/107:1–7

Indikator: Menganalisis sikap yang sesuai dengan nilai kepedulian dalam Q.S. Al-Ma’un
Level Kognitif: L3 (Penalaran)

Ayat Terkait:

وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلْمِسْكِينِ
"Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin." (Q.S. Al-Ma’un: 3)

Soal:
Rudi adalah seorang anak yang setiap hari membawa bekal ke sekolah. Ia memperhatikan bahwa temannya, Dani, sering datang ke sekolah tanpa membawa makanan. Rudi kemudian memutuskan untuk membagi bekalnya setiap hari kepada Dani tanpa mengharap imbalan.

Perilaku Rudi sesuai dengan ajaran dalam Q.S. Al-Ma’un karena ia...
A. Ingin mendapat pujian dari guru dan teman
B. Menyembunyikan bekal agar tidak diminta
C. Menolong sesama sebagai bentuk kepedulian
D. Menunjukkan bahwa ia memiliki makanan yang enak

Kunci jawaban: C


3. Surah Ali Imran/3:64

Indikator: Menghubungkan ajaran dalam ayat dengan contoh perilaku toleran
Level Kognitif: L2 (Aplikasi)

Ayat Terkait:

قُلْ يَـٰٓأَهْلَ ٱلْكِتَـٰبِ تَعَالَوْا۟ إِلَىٰ كَلِمَةٍۢ سَوَآءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا ٱللَّهَ...
"Katakanlah (Muhammad), 'Wahai Ahli Kitab! Marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah...'" (Q.S. Ali Imran: 64)

Soal:
Makna ayat tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui tindakan...
A. Menghindari semua orang yang berbeda agama
B. Melarang teman beribadah menurut keyakinannya
C. Saling menghormati antarumat beragama dalam kehidupan sosial
D. Memaksa teman untuk mengikuti ajaran agama kita

Kunci jawaban: C


4. Surah Al-Baqarah/2:256

Indikator: Membuat saran keputusan bijak dalam menjaga kebebasan beragama
Level Kognitif: L3 (Penalaran)

Ayat Terkait:

لَآ إِكْرَاهَ فِى ٱلدِّينِ قَد تَّبَيَّنَ ٱلرُّشْدُ مِنَ ٱلْغَىِّ
"Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat." (Q.S. Al-Baqarah: 256)

Soal:
Di lingkungan tempat tinggal Aisyah, terdapat berbagai macam keyakinan dan agama. Suatu hari, ada tetangganya yang akan merayakan hari besar keagamaannya. Aisyah diminta pendapat oleh temannya, apakah perlu ikut serta atau tidak.

Saran yang paling bijak yang dapat diberikan Aisyah berdasarkan Q.S. Al-Baqarah: 256 adalah...
A. Tidak ikut serta dan menjauhi tetangga tersebut
B. Menghormati tetangga dengan menjaga sikap dan toleransi
C. Melarang tetangganya melakukan ibadah tersebut
D. Mengajak semua tetangga untuk berpindah keyakinan

Kunci jawaban: B


1. Asmaulhusna – Al-Qawiyyu, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, Al-Ba’its

Indikator: Disajikan gambar berkaitan dengan asmaul husna, peserta didik dapat menentukan asma Allah sesuai gambar.
Level Kognitif: L2 (Aplikasi)
Soal:
Perhatikan gambar berikut (misalnya gambar pohon kering menjadi hijau kembali):

Gambar tersebut menunjukkan bahwa Allah dapat menghidupkan kembali sesuatu yang telah mati. Asmaul husna yang tepat untuk menggambarkan sifat Allah tersebut adalah...
A. Al-Qayyum
B. Al-Mumit
C. Al-Ba’its
D. Al-Muhyi

Kunci jawaban: D. Al-Muhyi
Ayat Terkait:

يُحْيِي ٱلْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا
"...Dia menghidupkan bumi setelah matinya..." (Q.S. Ar-Rum: 19)


2. Asmaulhusna – Sikap terhadap sifat Allah

Indikator: Disajikan sebuah pernyataan tentang asma Allah, peserta didik dapat menentukan sikap sesuai dengan pernyataan dengan benar.
Level Kognitif: L2 (Aplikasi)
Soal:
Raka mengetahui bahwa salah satu asmaul husna adalah Al-Qawiyyu, yang berarti Allah Maha Kuat. Maka, sikap yang seharusnya ditunjukkan Raka dalam kehidupannya adalah...
A. Selalu merasa kuat sendiri tanpa bantuan
B. Berusaha keras dan tetap berdoa kepada Allah
C. Sering meremehkan kekuatan orang lain
D. Mengandalkan orang lain dalam segala hal

Kunci jawaban: B. Berusaha keras dan tetap berdoa kepada Allah
Ayat Terkait:

إِنَّ ٱللَّهَ قَوِيٌّ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ
"Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi sangat keras siksaan-Nya." (Q.S. Al-Hadid: 25)


3. Iman kepada Hari Akhir – Menentukan nama peristiwa

Indikator: Disajikan sebuah deskripsi tentang hari akhir, peserta didik dapat menentukan nama peristiwa sesuai deskripsi dengan benar.
Level Kognitif: L2 (Aplikasi)
Soal:
Pada hari itu, seluruh amal manusia ditimbang. Orang yang amal baiknya lebih berat akan mendapatkan kebahagiaan, sedangkan yang buruk akan menyesal. Peristiwa tersebut disebut...
A. Yaumul Ba’ats
B. Yaumul Mizan
C. Yaumul Mahsyar
D. Yaumul Hisab

Kunci jawaban: B. Yaumul Mizan
Ayat Terkait:

وَنَضَعُ ٱلْمَوَازِينَ ٱلْقِسْطَ لِيَوْمِ ٱلْقِيَـٰمَةِ
"Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat..." (Q.S. Al-Anbiya: 47)


4. Iman kepada Hari Akhir – Hikmah beriman kepada hari akhir

Indikator: Disajikan beberapa pernyataan tentang iman kepada hari akhir, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada hari akhir dengan benar.
Level Kognitif: L2 (Aplikasi)
Soal:
Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak
  2. Memperbanyak amal salih dan menghindari dosa
  3. Tidak peduli terhadap kehidupan setelah mati
  4. Berusaha meraih ridha Allah

Yang termasuk hikmah beriman kepada hari akhir adalah...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 4

Kunci jawaban: B. 1, 2, dan 4
Ayat Terkait:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ، وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
"Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasannya)...” (Q.S. Az-Zalzalah: 7–8)




1. Hidup Saling Menghargai

Indikator: Disajikan beberapa pernyataan tentang saling menghargai, peserta didik dapat menentukan tugas utama manusia sebagai khalifah di bumi.
Level: L2 (Aplikasi)
Soal:
Perhatikan pernyataan berikut ini:

  1. Menjaga lingkungan agar tetap bersih
  2. Tidak menyakiti hewan dan tumbuhan
  3. Bermain sambil membuang sampah sembarangan
  4. Menjaga hubungan baik dengan tetangga

Tugas manusia sebagai khalifah di bumi tercermin dalam pernyataan nomor...
A. 1, 2, dan 4
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 1

Kunci Jawaban: A. 1, 2, dan 4
Dasar Ayat: Q.S. Al-Baqarah: 30 – "...Aku hendak menjadikan khalifah di bumi..."


2. Berteman dan Bersaudara (Ilustrasi Toleransi)

Indikator: Disajikan ilustrasi pertemanan dan persaudaraan, peserta didik dapat menentukan sikap toleransi dengan benar.
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Dina dan Wati berbeda agama. Saat Dina sedang merayakan hari besar agamanya, Wati datang berkunjung untuk mengucapkan selamat tanpa ikut beribadah. Sikap Wati menunjukkan...
A. Menghindari teman karena berbeda keyakinan
B. Memaksakan keyakinannya pada Dina
C. Toleransi dalam perbedaan
D. Mengabaikan perayaan tersebut

Kunci Jawaban: C. Toleransi dalam perbedaan


3. Berteman dan Bersaudara (Kemajemukan Masyarakat)

Indikator: Disajikan pernyataan tentang kemajemukan masyarakat, peserta didik dapat menentukan sikap menerima keberagaman.
Level: L2 (Aplikasi)
Soal:
Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Dalam kehidupan sehari-hari, sikap yang harus ditunjukkan dalam kemajemukan adalah...
A. Membentuk kelompok dengan suku sendiri
B. Memusuhi yang berbeda keyakinan
C. Menolak kerjasama dengan budaya lain
D. Menghargai dan bekerja sama dengan semua orang

Kunci Jawaban: D. Menghargai dan bekerja sama dengan semua orang
Dasar Hadis: “Tidak beriman salah seorang di antara kamu sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari)


4. Zakat Fitrah, Infak, Sedekah, dan Hadiah

Indikator: Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan nama sesuai ilustrasi dengan benar.
Level: L1 (Pengetahuan)
Soal:
Siti memberikan makanan dan pakaian kepada anak yatim tanpa mengharap imbalan. Perbuatan Siti disebut...
A. Hadiah
B. Infak
C. Sedekah
D. Zakat Fitrah

Kunci Jawaban: C. Sedekah


5. Fathu Makkah (Latar Belakang Peristiwa)

Indikator: Disajikan narasi peristiwa, peserta didik dapat menjelaskan latar belakang peristiwa.
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Ketika kaum Quraisy melanggar perjanjian Hudaibiyah dengan membantu sekutu mereka menyerang kaum Muslimin, Rasulullah memutuskan untuk memimpin pasukan menuju Makkah. Peristiwa ini dikenal dengan...
A. Perang Badar
B. Haji Wada’
C. Fathu Makkah
D. Perjanjian Aqabah

Kunci Jawaban: C. Fathu Makkah


6. Haji Wada' (Menentukan Sikap)

Indikator: Disajikan narasi peristiwa haji wada', peserta didik dapat menentukan sikap sesuai narasi.
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Dalam khutbah Haji Wada', Rasulullah saw. berpesan agar umat Islam menjaga persaudaraan, tidak menumpahkan darah sesama, dan menghormati hak-hak orang lain. Berdasarkan pesan tersebut, sikap yang tepat adalah...
A. Mengutamakan kelompok sendiri
B. Memusuhi orang yang berbeda pendapat
C. Menjaga kehormatan dan tidak menyakiti orang lain
D. Membalas dendam jika disakiti

Kunci Jawaban: C. Menjaga kehormatan dan tidak menyakiti orang lain



1. Kisah Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah dan Khulafaurasyidin

Indikator: Disajikan deskripsi seorang khalifah, peserta didik dapat menentukan keteladanan sesuai deskripsi tersebut dengan benar.
Level: L2 (Aplikasi)
Soal:
Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. dikenal sebagai sahabat Nabi yang dermawan dan senantiasa membenarkan kerasulan Nabi Muhammad saw. Suatu hari, beliau membebaskan budak yang disiksa karena masuk Islam. Perilaku tersebut mencerminkan sifat...
A. Egois dan pemarah
B. Penolong dan dermawan
C. Pendendam dan keras kepala
D. Kikir dan tidak peduli

Kunci Jawaban: B. Penolong dan dermawan


Indikator: Disajikan narasi seorang khalifah, peserta didik dapat menjelaskan arti sebuah istilah dengan benar.
Level: L1 (Pengetahuan)
Soal:
Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. mendapat gelar "Ash-Shiddiq" karena selalu membenarkan Rasulullah, bahkan ketika orang lain meragukannya. Arti dari "Ash-Shiddiq" adalah...
A. Yang pandai berdagang
B. Yang paling jujur dan membenarkan
C. Yang kuat fisiknya
D. Yang banyak bicara

Kunci Jawaban: B. Yang paling jujur dan membenarkan


2. Surah Pendek dan Hadis tentang Keragaman

Indikator: Disajikan potongan ayat, peserta didik dapat menentukan lanjutan dari potongan ayat tersebut dengan benar. (Q.S. Ad-Dhuha)
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Lengkapilah ayat berikut ini:
وَوَجَدَكَ ضَالًّا ...
A.
فَهَدَى
B.
فَأَغْنَى
C.
فَآوَى
D.
فَصَلِّ

Kunci Jawaban: A. فَهَدَى


Indikator: Disajikan salah satu pesan pokok surah Al-A'la, peserta didik dapat memilih contoh perilaku yang sesuai.
Level: L1 (Pengetahuan)
Soal:
Salah satu pesan dalam Surah Al-A'la adalah anjuran untuk membersihkan diri dari dosa. Perilaku yang sesuai dengan pesan tersebut adalah...
A. Bermalas-malasan saat salat
B. Menghindari perbuatan maksiat dan bertaubat
C. Menyimpan dendam kepada orang lain
D. Membalas kejahatan dengan kejahatan

Kunci Jawaban: B. Menghindari perbuatan maksiat dan bertaubat


Indikator: Disajikan potongan ayat, peserta didik dapat menentukan lanjutan dari potongan ayat tersebut dengan benar. (Q.S. Al-A'la)
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Lengkapilah ayat berikut ini:
سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى ...
A.
الَّذِي خَلَقَ فَسَوَّى
B.
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
C.
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ
D.
الَّذِي خَلَقَ الْإِنْسَانَ

Kunci Jawaban: A. الَّذِي خَلَقَ فَسَوَّى


3. Asmaul Husna, Iman kepada Hari Akhir, Qada dan Qadar

Indikator: Disajikan narasi tentang Allah Maha Menutup Dosa, peserta didik dapat menentukan asmaul husna yang sesuai dengan benar.
Level: L2 (Aplikasi)
Soal:
Rina menyesal telah melakukan kesalahan dan berdoa kepada Allah agar diampuni. Ia yakin bahwa Allah Maha Mengampuni. Nama Allah yang sesuai dengan keyakinan Rina adalah...
A. Al-Qahhar
B. Al-‘Afuww
C. Al-Muntaqim
D. Al-Jabbar

Kunci Jawaban: B. Al-‘Afuww


Indikator: Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan asmaul husna yang sesuai dengan benar.
Level: L2 (Aplikasi)
Soal:
Allah tidak membutuhkan pertolongan dari siapa pun, Dia Maha Berdiri Sendiri. Nama Allah yang menunjukkan sifat ini adalah...
A. Al-Ahad
B. Ash-Shomad
C. Al-Wahid
D. Al-Matin

Kunci Jawaban: B. Ash-Shomad


Indikator: Disajikan narasi, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Andi selalu berusaha menepati janji, memaafkan kesalahan teman, dan membantu teman yang kesulitan. Perilaku Andi sesuai dengan asmaul husna...
A. Al-Ghaffar
B. Al-Qayyum
C. Al-Khabir
D. Al-‘Afuww

Kunci Jawaban: D. Al-‘Afuww


Indikator: Peserta didik dapat menjelaskan makna iman kepada Qadha dan Qadar dengan benar.
Level: L1 (Pengetahuan)
Soal:
Iman kepada Qadha dan Qadar berarti percaya bahwa...
A. Semua orang pasti masuk surga
B. Semua makhluk hidup harus rajin belajar
C. Semua yang terjadi sudah ditetapkan oleh Allah
D. Semua manusia tidak boleh berusaha

Kunci Jawaban: C. Semua yang terjadi sudah ditetapkan oleh Allah


Indikator: Disajikan narasi, peserta didik dapat membedakan takdir mubram dan mu'allaq dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Level: L3 (Penalaran)
Soal:
Sakit dan kematian termasuk takdir yang tidak bisa diubah, sedangkan keberhasilan belajar bisa berubah tergantung usaha. Hal ini menunjukkan perbedaan antara...
A. Takdir baik dan buruk
B. Takdir dunia dan akhirat
C. Takdir mubram dan mu’allaq
D. Takdir wajib dan sunnah

Kunci Jawaban: C. Takdir mubram dan mu’allaq


Indikator: Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memberi contoh sikap yang sesuai dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Level: L2 (Aplikasi)
Soal:
Dina rajin belajar dan tetap sabar meskipun belum mendapat hasil yang baik. Ia yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik. Sikap Dina mencerminkan...
A. Putus asa terhadap takdir
B. Percaya pada ramalan
C. Iman kepada Qadha dan Qadar
D. Melawan takdir

Kunci Jawaban: C. Iman kepada Qadha dan Qadar




A. Memahami Akhlak terhadap Allah Swt., Sesama, dan Makhluk Hidup

1. (L1 – Pengetahuan)
Dani melihat temannya bersedih karena kehilangan mainannya. Apa yang sebaiknya dilakukan Dani sebagai bentuk akhlak terhadap sesama?
A. Membiarkannya karena bukan tanggung jawabnya
B. Mengejeknya agar tidak cengeng
C. Menghibur dan menenangkan temannya
D. Mengambil mainan lain agar temannya lupa

Kunci: C


2. (L3 – Penalaran)
Suatu hari, Sinta secara tidak sengaja menumpahkan minuman ke buku milik Wina. Setelah kejadian itu, Sinta segera meminta maaf dengan tulus dan membantu menggantikan buku tersebut.
Sikap Sinta mencerminkan...
A. Ketakutan karena akan dimarahi
B. Rasa penyesalan dan tanggung jawab atas kesalahan
C. Keinginan mendapatkan pujian
D. Ketidaksengajaan yang tidak perlu dimintai maaf

Kunci: B


3. (L2 – Aplikasi)
Ketika adikmu secara tidak sengaja memecahkan gelas, maka sebagai kakak, kamu sebaiknya...
A. Langsung memarahinya
B. Membiarkan dan pergi ke kamar
C. Membantu membersihkan pecahan dan memaafkannya
D. Menertawakan kejadian itu

Kunci: C


B. Peduli Lingkungan

4. (L3 – Penalaran)
Perhatikan potongan ayat berikut:
"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah Allah memperbaikinya." (QS. Al-A’raf: 56)
Ajaran yang terkandung dalam ayat tersebut adalah...
A. Diperbolehkan merusak lingkungan untuk pembangunan
B. Menjaga lingkungan adalah kewajiban manusia
C. Kerusakan alam tidak berdampak pada kehidupan
D. Alam akan memperbaiki dirinya sendiri

Kunci: B


5. (L1 – Pengetahuan)
Contoh sikap peduli lingkungan di sekitar rumah adalah...
A. Membuang sampah di sungai
B. Membakar sampah sembarangan
C. Menyiram tanaman secara rutin
D. Mencoret-coret tembok pagar rumah

Kunci: C


C. Hukum Halal dan Haram

6. (L1 – Pengetahuan)
Makanan yang halal menurut syariat Islam adalah...
A. Daging babi
B. Daging ayam yang disembelih dengan nama Allah
C. Daging hewan mati tanpa disembelih
D. Makanan hasil curian

Kunci: B


7. (L2 – Aplikasi)
Raka sedang haus di rumah temannya yang non-Muslim. Temannya menawarkan minuman kaleng yang belum diketahui kandungannya. Apa sikap Raka yang tepat?
A. Meminumnya saja karena haus
B. Menolaknya karena takut
C. Memeriksa label halal atau bertanya isi minuman
D. Langsung membuang minuman itu

Kunci: C


8. (L3 – Penalaran)
Ali menolak membeli makanan yang belum jelas kehalalannya di warung. Ia menjelaskan kepada temannya bahwa menjaga kehalalan makanan adalah bentuk taat pada perintah Allah.
Sikap Ali menunjukkan bahwa...
A. Ia hanya ikut-ikutan
B. Ia bersikap sombong terhadap temannya
C. Ia menerapkan hukum halal-haram dalam kehidupan
D. Ia ragu dengan kebersihan warung itu

Kunci: C


D. Puasa Sunnah

9. (L2 – Aplikasi)
Contoh puasa sunnah yang bisa dikerjakan setiap pekan adalah...
A. Puasa pada hari Jumat saja
B. Puasa Senin dan Kamis
C. Puasa di hari raya
D. Puasa sebulan penuh di bulan Syawal

Kunci: B


10. (L2 – Aplikasi)
Rina ingin melaksanakan puasa sunnah Ayyamul Bidh. Tata cara yang benar adalah...
A. Berpuasa pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan hijriyah
B. Berpuasa dari pagi hingga sore saja
C. Tidak berniat saat malam hari
D. Hanya minum air putih sepanjang hari

Kunci: A


11. (L2 – Aplikasi)
Jenis puasa sunnah yang dilakukan satu hari sebelum dan satu hari sesudah hari Arafah disebut...
A. Puasa Daud
B. Puasa Syawal
C. Puasa Tarwiyah dan Nahr
D. Puasa Tasu’a dan Asyura

Kunci: D


1. PG – L2 (Aplikasi)

Kompetensi: Memahami kisah Nabi Muhammad saw. periode Madinah dan Khulafaurasyidin
Materi: Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a.
Soal:
Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. dikenal sangat berjasa dalam menjaga keutuhan umat Islam setelah wafatnya Rasulullah saw. Salah satu jasanya adalah...
A. Menuliskan mushaf Al-Qur’an
B. Menaklukkan Persia
C. Mengangkat Umar bin Khattab sebagai khalifah
D. Menyatukan umat Islam dengan memerangi orang-orang murtad

Kunci: D


2. PG – L1 (Pengetahuan)

Soal:
Tokoh-tokoh Quraisy yang menentang dakwah Nabi Muhammad saw. antara lain adalah...
A. Abu Lahab, Abu Jahal, dan Abu Sufyan
B. Ali bin Abi Thalib, Umar bin Khattab, dan Bilal
C. Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqash, dan Utsman bin Affan
D. Salman Al-Farisi, Bilal bin Rabah, dan Khabbab

Kunci: A


3. PG – L2 (Aplikasi)

Soal:
Khalifah Abu Bakar dikenal dengan gelar Ash-Shiddiq karena...
A. Memiliki suara yang merdu saat membaca Al-Qur’an
B. Selalu membenarkan semua ucapan Rasulullah saw. tanpa ragu
C. Memiliki wajah yang tampan
D. Menghafal seluruh isi Al-Qur’an

Kunci: B


4. PG – L2 (Aplikasi)

Materi: Khalifah Utsman bin Affan r.a.
Soal:
Salah satu sifat mulia yang dimiliki oleh Khalifah Usman bin Affan r.a. adalah...
A. Tegas dan keras terhadap musuh
B. Dermawan dan suka menyumbang hartanya untuk Islam
C. Pemimpin pasukan perang
D. Penulis wahyu pertama

Kunci: B


5. Uraian – L3 (Penalaran)

Materi: Surah Ali Imran/3:64
Soal:
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berinteraksi dengan teman yang berbeda agama. Jelaskan bagaimana penerapan isi surah Ali Imran ayat 64 dalam pergaulan antarumat beragama!


6. Uraian – L2 (Aplikasi)

Materi: Zakat fitrah, infak, sedekah
Soal:
Mengapa kita dianjurkan untuk tetap bersedekah meskipun dalam keadaan ekonomi yang terbatas? Jelaskan manfaatnya bagi diri sendiri dan orang lain!


7. Uraian – L1 (Pengetahuan)

Materi: Q.S. Al-A'la
Soal:
Sebutkan 2 contoh perbuatan Amar Makruf dalam kehidupan sehari-hari dan jelaskan secara singkat!


8. Uraian – L2 (Aplikasi)

Materi: Puasa Sunnah
Soal:
Jelaskan 2 perbedaan penting antara puasa sunnah dan puasa Ramadan dilihat dari sisi hukum, waktu, dan ganjarannya!


9. Uraian – L3 (Penalaran)

Materi: Iman kepada Qada dan Qadar
Soal:
Manusia tidak boleh hanya berdiam diri dan menunggu takdir tanpa usaha. Jelaskan alasan dari pernyataan tersebut, serta hubungkan dengan konsep ikhtiar dan tawakal dalam Islam!


5. Uraian – Surah Ali Imran/3:64

Soal: Jelaskan bagaimana penerapan isi surah Ali Imran ayat 64 dalam pergaulan antarumat beragama!
Kunci Jawaban:
Isi surah Ali Imran ayat 64 mengajarkan untuk mencari titik temu dalam beragama, yaitu hanya menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya. Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menerapkannya dengan saling menghargai keyakinan orang lain, tidak memaksakan agama, bersikap toleran, dan hidup rukun meskipun berbeda keyakinan.


6. Uraian – Zakat fitrah, infak, sedekah

Soal: Mengapa kita dianjurkan untuk tetap bersedekah meskipun dalam keadaan ekonomi yang terbatas?
Kunci Jawaban:
Karena sedekah dapat membersihkan hati, menumbuhkan rasa syukur, dan mempererat kepedulian sosial. Meskipun sedikit, sedekah tetap bernilai besar di sisi Allah jika dilakukan dengan ikhlas. Sedekah juga dapat menjadi penolak bala dan membawa keberkahan rezeki.


7. Uraian – Q.S. Al-A'la

Soal: Sebutkan 2 contoh perbuatan Amar Makruf dalam kehidupan sehari-hari!
Kunci Jawaban:

  1. Menasihati teman agar selalu berkata jujur.
  2. Mengajak keluarga untuk salat tepat waktu.
    (Keduanya termasuk perbuatan Amar Makruf karena mendorong kepada kebaikan dan ketaatan.)

8. Uraian – Puasa Sunnah

Soal: Jelaskan 2 perbedaan antara puasa sunnah dan puasa Ramadan!
Kunci Jawaban:

  1. Hukum: Puasa Ramadan hukumnya wajib, sedangkan puasa sunnah tidak wajib (sunnah).
  2. Waktu: Puasa Ramadan hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan, sedangkan puasa sunnah bisa dilaksanakan di hari-hari tertentu (seperti Senin-Kamis, Arafah, dll).
  3. Ganjaran: Puasa Ramadan berpahala besar dan wajib dikerjakan oleh umat Islam yang mampu, sedangkan puasa sunnah berpahala bagi yang melakukannya tapi tidak berdosa jika ditinggalkan.

9. Uraian – Iman kepada Qada dan Qadar

Soal: Jelaskan mengapa manusia tidak boleh hanya menunggu takdir dan hubungkan dengan konsep ikhtiar dan tawakal!
Kunci Jawaban:
Karena Allah memerintahkan manusia untuk berusaha (ikhtiar) dalam mencapai tujuan hidup. Hanya berdiam diri tanpa usaha adalah bentuk ketidaktaatan. Setelah berusaha, barulah kita berserah diri kepada Allah (tawakal). Jadi, ikhtiar adalah usaha maksimal, dan tawakal adalah pasrah dengan hasilnya, tanpa menyerah sebelum berjuang.


Generated image

 

Komentar