Kegiatan Belajar 3. Menerapkan Pembelajaran Dengan Media Berteknologi Digital

Kompetensi yang akan dicapai pada kegiatan belajar 2 adalah:

  • Menjelaskan contoh pengitegrasian media berteknologi digital ke dalam pembelajaran.
  • Menjelaskan satu model mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran.
  • Melakukan integrasi media berteknologi digital ke dalam pembelajaran

 

Ada dua implikasi utama untuk praktik pembelajaran dengan media berteknologi digital. Pertama, memungkinkan guru dan peserta didik kesempatan untuk terlibat dalam dialog berdasarkan rasa saling menghormati dan timbal balik. Kedua, ada hubungan antara virtual dan aktual berdasarkan pada hubungan manusia yang mendasar pada fondasi pembelajaran. 

Seperti apa contoh dari integrasi media berteknologi digital ke dalam pembelajaran? Sahabat rumah belajar dapat meningkatkan khazanah pengetahuan melalui bacaan dari jurnal-jurnal penelitian di bawah ini 

Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X Sma Negeri 1 Blega :  https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9788

Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar :  http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15891

Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital :  https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/27414

Supporting Media Learning in Primary Classrooms : some outcomes of  a case study :

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/1358165970230207

Learning by Using digital media in and out of school :

https://www.researchgate.net/publication/281094800_Learning_by_using_digital_media_in_and_out_of_school

 

Tips untuk Menggunakan Teknologi di Kelas

  • Sebagian besar siswa saat ini adalah penduduk asli digital dan telah tumbuh dengan teknologi sepanjang hidup mereka. Dengarkan apa yang siswa ketahui tentang teknologi dan minta mereka memberi tip. Mereka mungkin hanya mengajarkan Sahabat sesuatu yang baru.

  • Gunakan sumber daya digital (seperti aplikasi, teks, atau grup media sosial) untuk memberi tahu orang tua tentang kegiatan kelas dan tugas yang akan datang.

  • Prioritaskan aktivitas digital aktif, seperti game pembelajaran online atau pelajaran interaktif, daripada aktivitas pasif (seperti menonton video).

  • Jika Sahabat seorang administrator, jadwalkan sesi pelatihan tentang cara menggunakan teknologi di sekolah.

  • Fokuskan pelajaran Sahabat yang berbasis teknologi untuk mengajarkan kewarganegaraan digital kepada siswa, atau keterampilan yang akan membantu mereka secara cermat dan efektif menavigasi media digital.

Teknologi digital dapat memberi siswa dan guru:

  1. Akses ke materi sumber utama yang terbaru

  2. Metode pengumpulan / pencatatan data

  3. Cara berkolaborasi dengan siswa, guru, dan pakar di seluruh dunia

  4. Peluang untuk mengekspresikan pemahaman melalui multimedia

  5. Pembelajaran yang relevan dan penilaian yang otentik

  6. Pelatihan untuk menerbitkan dan menyajikan pengetahuan baru mereka

 

Level integrasi media berteknologi digital di kelas terdiri dari empat tahap (Hertz, dalam edutopia.org), sebagai berikut:

skemm

Salah satu model dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran yang lazim digunakan adalah model TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Kerangka kerja TPACK menjabarkan pengetahuan yang dibutuhkan para pendidik agar berhasil mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran mereka.

gamba

 

TPACK kerangka kerja model untuk integrasi media

 

 

Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan unduh modul kegiatan belajar ini dengan cara mengklik tautan dibawah ini.

modul 10 Media Digital KB 3

Komentar