Level 3 Pembatik KB 1
Kompetensi khusus yang akan dicapai oleh Sahabat Rumah Belajar adalah, dapat:
Mempersiapkan media berteknologi digital untuk pembelajaran
Mengenal beberapa macam media pembelajaran berteknologi digital
Menerapkan pembelajaran dengan media berteknologi digital
Sahabat Rumah Belajar, mari kita awali materi tentang teknologi digital dengan beberapa data yang menjelaskan kondisi digital di Indonesia, dan laporan hasil riset Indonesia Digital 2020 tentang data, trend pengguna internet, mobile, media sosial dan e-commerce dapat Sahabat unduh di sini:
Dari hasil riset tersebut dapat kita lihat bahwa masyarakat Indonesia merupakan sumber daya yang sangat besar dalam mendayagunakan internet, aplikasi dan fitur yang tersedia. Kemampuan kita sudah cukup baik dalam menggunakan teknologi digital. Namun bila melihat pemanfaatannya, sebagian besar masih untuk keperluan yang bersifat hiburan (entertainment).
Aplikasi maupun sosial media yang digunakan masyarakat (pada data Digital Indonesia) tentu banyak yang tidak asing pula bagi Sahabat.
Ayo kita maksimalkan pemanfaatannya untuk pendidikan!
Bagaimana caranya?
Setiap pembelajaran memiliki karakteristik tersendiri, ada indikator-indikator pembeda yang menyebabkan metode atau media tertentu tidak bisa diterapkan secara generik. Indikator tersebut antara lain:
Subjek (materi) yang diajarkan
Karakteristik peserta didik
Kondisi di lapangan
Kompetensi pendidik
Rencana pembelajaran dengan media digital
Mengapa Sahabat perlu membuat rencana pembelajaran? Bukankan zaman semakin mudah dengan hadirnya teknologi digital? Tidak ada salahnya melakukan persiapan dengan membuat rencana pembelajaran. Karena Sahabat memiliki tanggung jawab mendidik siswa yang akan menghadapi masa depannya sendiri.
Menteri pendidikan dan kebudayaan memberikan kebebasan atau kemerdekaan bagi guru untuk membuat rencana pembelajaran. Kebebasan ini diartikan sebagai rasa percaya pemerintah kepada guru untuk menyiapkan dan mengelola pembelajaran. Guru harus bisa menjadi sutradara pembelajaran yang baik. Perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, yakni perubahan perilaku serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada. Hasil akhir dari proses pengambilan keputusan tersebut adalah tersusunnya dokumen yang dapat dijadiksan acuan dan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran (Sanjaya, 2015). Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian dan skenario pembelajaran (Rusman, 2017).
Perencanaan pembelajaran dapat dirancang dalam bentuk silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. Silabus adalah perencanaan pembelajaran jangka panjang, sementara RPP adalah perencanaan pembelajaran jangka pendek. Silabus dapat didefinisikan sebagai “garis-garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus merupakan rancangan pembelajaran yang berisi rencana bahan ajar mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan dan kelas tertentu, sebagai hasil dari seleksi, pengelompokan, pengurutan, dan penyajian materi kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan dan ciri daerah setempat.
Mendikbud Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 yang isinya menyatakan bahwa guru boleh menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar. Hal itu bertujuan untuk meringankan tugas guru, karena selama ini guru banyak mengeluh dengan kewajiban menyusun RPP yang jumlahnya belasan bahkan berpuluh-puluh halaman. Tentunya hal ini membawa angin segar bagi guru dalam penyederhanaan tugasnya dalam membuat RPP. Namun penyederhanaan ini tidak menghilangkan esensi dari RPP itu sendiri.
Pemanfaatan media digital tidak dapat dilepaskan dari pembelajaran. Di masa pandemi covid-19 ini terjadi migrasi besar-besaran penggunaan media digital dalam melayani pendidikan siswa belajar dari rumah.
Lalu bagaimana tips membuat RPP 1 lembar dengan memanfaatkan media digital? Mari kita simak tips berikut ini:

Untuk menambah wawasan Sahabat tentang menyiapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media berteknologi digital, silakan pelajari beberapa sumber berikut:
| Media | Sumber |
Artikel 1 - Perancangan Media Pembelajaran Komik Digital Laboratorium Sejarah Rumah Arca Sebagai Upaya Pengenalan Sejarah Lokal | http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/28/28 |
Artikel 2 - Penerapan Mikroskop Digital Dengan Bantuan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran IPA | https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/3611/2651 |
Video |
Komentar
Posting Komentar