Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
NO TUGAS : 2.1.a.9.
Nama tugas : Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
Dibuat oleh : Radiman / CGP-4 Kab. Cilacap
- Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran
berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.!
Pembelajaran
Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas
untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Pembelajaran
berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang
dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Yang meliputi ; a)
Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, b) Bagaimana guru menanggapi atau merespon
kebutuhan belajar muridnya, c) Bagaimana mereka menciptakan lingkungan belajar
yang “mengundang’ murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan
belajar yang tinggi. d) Manajemen kelas
yang efektif. b) Penilaian berkelanjutan.
Melalui pemetaan dan
identifikasi awal tentang potensi siswa dan kelas , guru akan memiliki data
yang valid tentang kebutuhan murid. Dengan mengacu pada teori konseptuan
tentang pembelajaran berdiferensiasi , guru dapat menguatkan potensi kebutuhan
siswa berdasar pada 3 aspek kebutuhan belajar tersebut.
Guru dapat mengidentifikasi kebutuhan murid dengan berbagai cara. Berikut
ini adalah beberapa contoh cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk
mengidentifikasi kebutuhan belajar murid:
- mengamati perilaku murid-murid
mereka;
- mengidentifikasi pengetahuan
awal yang dimiliki oleh murid terkait dengan topik yang akan dipelajari;
- melakukan penilaian untuk
menentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka saat ini, dan
kemudian mencatat kebutuhan yang diungkapkan oleh informasi yang diperoleh
dari proses penilaian tersebut;
- mendiskusikan kebutuhan
murid dengan orang tua atau wali
murid;
- mengamati murid ketika mereka
sedang menyelesaikan suatu tugas atau aktivitas;
- bertanya atau mendiskusikan
permasalahan dengan murid;
- membaca rapor murid dari kelas
mereka sebelumnya untuk melihat komentar dari guru-guru sebelumnya atau
melihat pencapaian murid sebelumnya;
- berbicara dengan guru murid
sebelumnya;
- membandingkan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dengan tingkat pengetahuan atau
keterampilan yang ditunjukkan oleh murid saat ini;
- menggunakan berbagai penilaian
penilaian diagnostik untuk memastikan bahwa murid telah berada dalam level
yang sesuai;
- melakukan survey untuk
mengetahui kebutuhan belajar murid;
- mereview dan melakukan refleksi
terhadap praktik pengajaran mereka sendiri untuk mengetahui efektivitas
pembelajaran mereka; dll.
Perlu diperhatikan bahwa mengidentifikasi atau memetakan kebutuhan belajar
murid, tidak selalu harus melibatkan sebuah kegiatan yang rumit. Guru yang
memperhatikan dengan saksama hasil penilaian formatif, perilaku murid atau
terbiasa mendengarkan dengan baik murid-muridnya biasanya akan dengan mudah
mengetahui kebutuhan belajar murid-muridnya.
Untuk selanjutnya melakukan pembelajaran dengan menerapkan strategi yang
paling tidak diferensiasi konten, proses dan produk. Ketiganya dapat dilaksanakan
secara bersama atau sebagian. Kendali terhadap rencana
, proses dan hasil pembelajaran berdiferensiasi juga menjadi aktivitas penting terjaminnya capaian tujuan
pembelajaran .
- Jelaskan bagaimana pembelajaran
berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu
mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda
melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program
Pendidikan Guru Penggerak.!
Pembelajaran
Berdiferensiasi adalah proses yang
bertujuan memenuhi kebutuhan murid. Tomlinson (2001) dalam bukunya yang
berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom
menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid, paling
tidak berdasarkan 3 aspek.
Ketiga aspek
tersebut adalah:
- Kesiapan belajar (readiness) murid
- Minat murid
- Profil belajar murid
Sebagai guru,
kita semua tentu tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika
tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka
miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Lalu jika tugas-tugas tersebut memicu
keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid (minat), dan jika tugas itu
memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai
(profil belajar).
Alasan yang menyebabkan Pembelajaran Berdiferensiasi akan berhasil karena
bersifat proaktif, lebih bersifat
kualitatif daripada kuantitatif, berakar pada penilaian, menggunakan beberapa
pendekatan terhadap konten, proses, dan
produk, berpusat pada murid. merupakan perpaduan dari pembelajaran seluruh kelas, kelompok dan individual.
bersifat "organik" dan dinamis. Sangat penting bagi huru untuk
memahami dan melaksanakan beberapa hal tersebut.
Materi Pembelajaran Berdiferensiasi bersinergi dengan materi sebelumnya
seperti konsep berpihaknya guru kepada murid ( dalam materi filosofi pendidikan
KHD) dan strategi perubahan khusunya metode inquiri apresiatif. Profil dan
peran guru penggerak adalah acuan dasar bagi terpebuhinya kebutuhan murid
menuju Profil Pelajar Pancasila.
Disarikan dari Modul Pembelajaran 2.1 PGP
Komentar
Posting Komentar