Analisis Bahan Ajar EVAPEM KB-1
Komponen Analisa bahan ajar
A. Tulislah 5 konsep dan deskripsinya yang Anda temukan di dalam Bahan Ajar.
1) Evaluasi dalam pendidikan Islam adalah pengambilan sejumlah yang berkaitan dengan pendidikan Islam guna melihat sejauhmana keberhasilan pendidikan yang selaras dengan nilai-nilai Islam sebagai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Lebih jauh Jalaludin mengatakan bahwa evaluasi dalam pendidikan Islam telah menggariskan tolok ukur yang serasi dengan tujuan pendidikannya. Baik tujuan jangka pendek yaitu membimbing manusia agar hidup selamat di dunia, maupun tujuan jangka panjang untuk kesejahteraan di akhirat nanti. Kedua tujuan tersebut menyatu dalam sikap dan tingkah laku yang mencerminkan akhlak yang mulia.
2) Suatu tes dikatakan valid apabila mengukur apa yang seharunya diukur. Meter valid apabilah dipergunakan untuk mengukur jarak, sedangkan timbangan valid apabila dipergunakan untuk mengukur berat
3) Suatu tes dikatakan memiliki reliabilitas apabila tes tersebut dipergunakan untuk mengukur secara berulang-ulang memberikan hasil yang tetap atau sama.
4) Daya beda butir dimaksudkan mengkaji soal-soal tes dari segi kesanggupan tes tersebut dalam membedakan siswa yang memiliki kemampuan rendah dengan siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Surapranata menyatakan bahwa salah satu tujuan dilakukannya analisis adalah untuk meningkatkan kualitas soal, yaitu apakah suatu soal (1) dapat diterima karena telah didukung oleh data statistik yang memadai (2) diperbaiki, karena terbukti terdapat beberapa kelemahan, atau bahkan (3) tidak digunakan sama sekali karena terbukti secara empiris tidak berfungsi sama sekali.
5) Efektifitas suatu tes adalah bahwa pelaksanaan tes/penilaian tersebut tidak membutuhkan ongkos/biaya yang mahal, tenaga yang banyak dan waktu yang lama. Dalam melaksanakan tes ada target yang ingin dicapai serta melihat berbagai kondisi yang dihadapi, seperti kondidi keuangan suatu institusi, lokasi waktu yang diatur oleh pihak pengelola, dan lain-lain, seorang guru yang baik dan arif selalu mempertimbangkan semua hal-hal yang inging direncanakan.
B. Lakukan evaluasi dan refleksi atas pemaparan materi pada Bahan Ajar.
1) Bersumber pada video, jurnal dan materi dosen , materi yang disampaikan jelas dan dapat dimengerti. Analisis dan kesimpulan yang dilakukaan sangat baik.
2) Terkait dengan praktek evaluasi PAI di sekolah saya berdasarkan pada realitas, saya sudah melakukan evaluasi dalam pengertian assesment for, as of learning. Dengan menggunakan bermacam metode tes ( Tulis maupun Non Tulis). Dengan harapan akan mendapatkan evaluasi yang holistik dari sisi, siswa, guru, proses dan sekolah pada umumnya
C. Tulislah kelebihan dan kekurangan terkait dengan penjelasan materi pada Bahan Ajar.
1) Kelebihan dari materi tersebut adalah penjelasan yang disampaikan secara ringkas menjadikan saya lebih mudah memahami tentang evaluasi.
2) Kekurangan terletak pada kebaruan dari sumber referensi.
D. Kaitkan isi Bahan Ajar dengan nilai moderasi beragama.
Dalam konsep evaluasi khusumya materi PAI, akan menjadi standar kualitas bagi PBM PAI. Koulaitas akhlaq, pengetahuan dan keterampilan yang baik akan menjadi nilai lebih dari tatanan mastarakat. Dan membangun toleransi dalam kemajemukan.
Komentar
Posting Komentar