Analisis Bahan Ajar EVAPEM KB-2

 Instruksi

Silahkan Bapak/Ibu menyimak video dan membaca 2 file jurnal serta materi dari dosen di LMS, kemudian sampaikan pendapat Bapak/Ibu terkait proses penyusunan soal-soal HOTS pada mata pelajaran PAI yang diterapkan di sekolah Bapak/Ibu sendiri!

Keikutsertaan saya dalam pelatihan HOTS masih menjumpai paradigma bahwa soal HOTS itu bertele-tele, membingungkan dan memusingkan. Ketika saya mempraktekan membuat Soalh HOTS , dapat dilakukan tanpa harus berpanjang-panjang kata, asalkan sudah memicu kemampuan metakognitif siswa maka dapatlah itu dikategorikan soal HOTS 


Komponen Analisa bahan ajar

a. Tulislah 5 konsep dan deskripsinya yang Anda temukan di dalam Bahan Ajar.

1. Penilaian Authentik merupakan bentuk penilaian yang menampilkan kondisi nyata/keadaan sesungguhnya dari siswa untuk mengukur hasil belajar siswa meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan secara komprehensif mulai dari masukan, proses hingga keluaran.

2. HOTS bertujuan mengukur kemampuan tingkat tinggi yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah (problem solving); keterampilan berpikir kritis (critical thinking); berpikir kreatif (creative thinking); kemampuan berargumen (reasoning); mampuan mengambil keputusan (decision making)

3. HOTS berbasis permasalahan kontekstual yaitu Relating; berhubungan langsung dg pengalaman kehidupan nyata; Experiencing; ditekankan pada penggalian (exploration), penemuan (discovery), penciptaan (creation); Applying; siswa dituntut dapat menerapkan ilmu yg didapat utk menyelesaikan masalah nyata; Communicating; siswa mampu mengkomunikasikan kesimpulan model dan konteks masalah; Transfering; siswa menstransformasi konsep2 pengetahuan dalam situasi dan konteks baru.

4. Departemen Pendidikan Nasional (2006) menyatakan bahwa tujuan pem-belajaran matematika pada jenjang pen-didikan dasar dan menengah adalah 1) memahami konsep matematika, 2) meng-gunakan penalaran pada pola dan sifat, 3) memecahkan masalah, 4) memiliki sikap dan menghargai kegunaan matematika, dan 5) mengomunikasikan gagasan di kehidupan. Pada tujuan tersebut, selain menjadi salah satu tujuan pembelajaran matematika pemecahan masalah juga menjadi bagian penting pada aktivitas dan aplikasi di kehidupan sehari-hari.

5. Langkah-langkah penyusunan soal HOTS(Widana, 2017), yaitu: menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS; menyusun kisi-kisi soal; memilih stimulus yang menarik dan kontekstual; menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal; membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban.

b. Lakukan evaluasi dan refleksi atas pemaparan materi pada Bahan Ajar.

Dari keempat Bahan ajar saya memahami sebagai jalan pembuka bagi praktik baik dalam penyusunan soal Type HOTS. Selanjutnya adalah dituntut kemampuan kita untuk menterjemahkan pengetahuan konsep tersebut kepada praktik kontekstual. 

c. Tulislah kelebihan dan kekurangan terkait dengan penjelasan materi pada Bahan Ajar.

Kelebihan adalah bahwa materi tersebut sudah mencakup tujuan pembelajaran dan menurut saya cukup mudah dipahami.

Kekurangannya adalah tidak mewakili mapel PAI

d. Kaitkan isi Bahan Ajar dengan nilai moderasi beragama.

Dengan pola yang benar dalam mengajarkan PAI+BP maka akan terbiasa memunculkan  kekuatan metakognitif guru dan siswa sehingga ketika dijumpai problematika sosial , maka mereka akan merespon seuai dengan standar yang tinggi yaitu toleransi


Komentar