Analisis Bahan Ajar EVAPEM KB-3

 

Melaksanakan analisis test pasca pelaksanaan test , merupakan hal yang baik. Saya biasanya  melaksanakan dengan spreadsheet , diinput satu per satu. Berdasarkan pada KD yang diujikan seya menghitung ketercapaian tiap tema dan keseluruhan mapel. Saya dapat melihat pola keserupaan yang dapat digunakan untuk membuat asumsi sikap siswa. Setelah selesai saya melakukan tindak lanjut penguatan sesuai data kelemahan , baik individual maupun klasikal.

 

a.      Tulislah 5 konsep dan deskripsinya yang Anda temukan di dalam Bahan Ajar.

 

  1. Bahwa  tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas butir soal dapat  ditinjau dari segi (a) kesesuaian dengan kompetensi kurikulum yang berlaku, (b) penyebaran soal, (c) validitas dan reliabilitas butir soal (d) daya beda soal, (e) efektivitas distaktor pengecoh soal. Hasil penelitian tersebut adalah soal-soal belum terkategori sempurna.
  2. Validitas item dari suatu tes adalah ketepatan mengukur yang dimiliki dalam mengukur apa yang seharusnya diukur lewat butir item tersebut. Faktor yang mempengaruhi validitas hasil tes yaitu faktor yang digunakan untuk tes, faktor administrasi dan penskoran, serta faktor dari jawaban siswa.
  3. Interpretasi merupakan verbalisasi makna yang terkandung dalam data yang telah mengalami            pengolahan      dan penganalisisan. Atas dasar interpretasi tersebut akan ditemukan kesimpulan yang    mengacu kepada tujuan dilaksanakan evaluasi tersebut.
  4.  Angket termasuk alat untuk mengumpulkan dan mencatat data atau informasi, pendapat, dan paham dalam hubungan kausal.
  5. Langkah-langkah pengembangan tes hasil/prestasi belajar siswa;

1)      Menyusun spesifikasi tes (tujuan, kisi2, bentuk, panjang tes)

2)      Menulis soal (sesuai indikator kisi2 dan KD)

3)      Menelaah soal tes (dr segi konstruksi, isi, bahasanya)

4)      Melakukan uji coba tes

5)      Melakukan analisis butir soal

6)      Memperbaiki tes

7)      Merakit tes (menjadi satu kesatuan)

8)      Melaksanakan tes

9)      Menafsirkan hasil tes

b.      Lakukan evaluasi dan refleksi atas pemaparan materi pada Bahan Ajar.

Paparan yang menarik. Ada beberapa hal baru , khususnya penggunaan Softwrae anates sebagai piranti untuk menganalisis kualitas soal.

c.       Tulislah kelebihan dan kekurangan terkait dengan penjelasan materi pada Bahan Ajar.

Kelebihan: penjelasan rinci khususnya dalam pembuatan laporan hasil penelitian.

Kekurangan : tidak secara eksplisit memnyebutkan piranti / software yang recommended untuk analisa

d.      Kaitkan isi Bahan Ajar dengan nilai moderasi beragama.

Memahami sesuatu secara ilmiah menjadikan manusia bisa saling memahami , karena sesuatu yang diperoleh melalui fakta dan data yang terverifikasi oleh konsep teori yang baik .

 

Komentar