“Kenali Sholatmu, Kenali Kitab Sucimu”
“Kenali Sholatmu, Kenali Kitab Sucimu”
Radiman, SD Negeri Gunungtelu 01 , Kec. Karangpucung CGP-4 Kab. Cilacap
1. Peristiwa (FACT)
Diskusi bersama kepala sekolah/rekan kerja bagaimana program BTQ dan Sholat di sekolah dapat berhasil, dialog dengan rekan kerja mengidentifikasi kegiatan pembelajaran BTQ dan aktifitas sholat siswa yang dapat melibatkan suara, pilihan dan kepemilikan murid melaluisesi dialog dengan perwakilan anak kelas besar dan kecil untuk menguatkan ide di tahap awal ini berdaraskan pada aset yang berupa murid-murid, guru, sekolah dalam waktu 2 hari sebagai penanggung jawab tahap ini adalah CGP sendiri. Pada kesempatan ini saya memberikan deskripsi tentang pengetahuan yang telah saya peroleh dari pelatihan dan memberikan pandangan tentang konsep yang mungkin belum dijelaskan.
Melakukan curah pendapat minat dalam ibadah harian dan mengaji anak untuk orang tua, Wali kelas memberikan 'pertanyaan' (yg telah diindentifikasi sebelumnya) kepada murid di kelasnya yang dapat melibatkan suara, pilihan dan kepemilikan murid melalui, Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui program BTQ dan Sholat yang menarik selama ini sekaligus momen-momen yang selama ini dapat menguatkan pola pikir positif dan emosi positif siswa. Berdaraskan pada aset yang berupa sekolah, murid, waktu, sekolah dan pihak lain yang mendukung program ini. Tahap ini berlangsung dalam waktu 1 minggu sebagai penanggung jawab adalah CGP, Wali kelas.
Meneruskan pelaksanaan musyawarah-musyawarah kerja bersama: murid, guru-guru, orang tua perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung peningkatan kemampuan BTQ dan kebiasaan sholat siswa. Antara lain seperti:1. Pengelolaan alur komunikasi dan penentuan keputusan.; 2. Pengelolaan jadwal dan penanggung jawab kegiatan BTQ dan sholat berjamaan.; 3. Penentuan kebijakan yang mendukung; 4. Peningkatan sarana prasarana penunjang. yang dapat melibatkan suara, pilihan dan kepemilikan murid melalui komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam keseharian. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka. berdaraskan pada aset yang berupa mushola sekolah, murid dan semua pihak yang mendukung program Tahap ini nerlangsung dalam waktu 1-2 minggu sebagai penanggung jawab adalah CGP, Wali kelas, murid yang mewakili kelasnya.
JADWAL MAPEL PAI TA 2022-2023 | |||||||
SDN Gunungtelu 01 | |||||||
No | Jam | HARI | |||||
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jum'at | Sabtu | ||
1 | 07.00-07.35 | UPACARA | | | 3 | 2 | 1 |
2 | 07.35-08.10 | | | | |||
3 | 08.10-08.45 | | | | |||
ISTIRAHAT 1 | 08.45-09.00 | ISTIRAHAT 1 | ISTIRAHAT 1 | ISTIRAHAT 1 | |||
4 | 09.00-09.35 | | | | |||
5 | 09.35-10.10 | | | | | BTQ | BTQ |
6 | 10.10-10.45 | 6 | 5 | 4A | 4B | | |
ISTIRAHAT 2 | 10.45-11.00 | ISTIRAHAT 2 | ISTIRAHAT 2 | ||||
7 | 11.00-11.35 | | | ||||
8 | 11.35-12.10 | | | ||||
9 | 12.10-12.45 | | | ||||
| | | | | | | |
JADWAL Penanggung Jawab Kegiatan PAI TA 2022-2023 | |||||||
SDN Gunungtelu 01 | |||||||
| |||||||
Hari | Kegiatan | Kelas | Penanggung Jawab 1 | Penanggung Jawab 2 | |||
Senin | Sholat Dhuha | | 6 | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
|
Sholat Dhuhur | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |||
BTQ | Guru PAI | Guru PAI | Pengurus Kelas |
| |||
Selasa | Sholat Dhuha | 5 | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |
Sholat Dhuhur | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |||
BTQ | Guru PAI | Guru PAI | Pengurus Kelas |
| |||
Rabu | Sholat Dhuha | 4A | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |
Sholat Dhuhur | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |||
BTQ | Guru PAI | Guru PAI | Pengurus Kelas |
| |||
Kamis | Sholat Dhuha | 3 | 4B | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
|
Sholat Dhuhur | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |||
BTQ | Guru PAI | Guru PAI | Pengurus Kelas |
| |||
Jum'at | Sholat Dhuha | 2 | | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
|
Sholat Dhuhur | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |||
BTQ | Guru PAI | Guru PAI | Pengurus Kelas |
| |||
Sabtu | Sholat Dhuha | 1 | | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
|
Sholat Dhuhur | Guru PAI | Guru Kelas | Pengurus Kelas |
| |||
BTQ | Guru PAI | Guru PAI | Pengurus Kelas |
|
2. Perasaan (Feeling) Perasaan ketika atau setelah menjalankan ketiga Aksi Nyata adalah saya merasa senang dan bangga dengan respon positif khususnya Kepala seekolah dan rekan guru serta antusiasme murid dengan kegiatan tersebut.
3. Pembelajaran (Finding). Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan keseluruhan Aksi ( baik dari kegagalan maupun keberhasilan) adalah bahwa semua proses harus diawali dengan kekurangan. Bahwasanya pemahaman dan kepemilikan program baik dari sekolah maupun siswa tidak bisa dibangun dengan sekali jala. Tetapi harus ada proses penguatan yang terus menerus. Belum menguatnya sinergi dan sinkronisasi dengan guru lain dan murid menjadi kendala yang cukup menguras pikiran.
4. Penerapan ke Depan (Future) Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang adalah pelan tapi pasti saya berusaha Istiqamah memnjalankan program ini, sebagai bentuk tanggung jawab ilimiah dan amaliah dari apa yang sudah saya pelajari
Komentar
Posting Komentar