Soal

ANGKET PERILAKU KEPALA SEKOLAH - PKKS 2025 (LENGKAP)

ANGKET PERILAKU KEPALA SEKOLAH

pada PKKS 2025

Petunjuk Pengisian :

Skala Penilaian:

A. Perwujudan
1. Kepala Sekolah kurang berupaya dalam mempelajari dan mempraktikkan sebuah perilaku
2. Kepala Sekolah berupaya dalam mempelajari dan mempraktikkan sebuah perilaku
3. Kepala Sekolah sungguh-sungguh berupaya dalam mempelajari dan mempraktikkan sebuah perilaku.
B. Dampak
1. Perilaku Kepala Sekolah kurang berdampak terhadap kinerja diri, rekan sejawat, tim, dan keseluruhan organisasi satuan pendidikan.
2. Perilaku Kepala Sekolah berdampak terhadap kinerja diri, rekan sejawat, tim, dan keseluruhan organisasi satuan pendidikan.
3. Perilaku Kepala Sekolah berdampak besar terhadap kinerja diri, rekan sejawat, tim, dan keseluruh organisasi satuan pendidikan.

* Menandakan pertanyaan wajib diisi

Progress: 0%

Identitas Responden

1. Nama Kepala Sekolah *
2. Nama Guru *
Aspek 1: Berorientasi Pelayanan

1.1. Memahami kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
1.1.1. Mengidentifikasi kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara proaktif
1.1.2. Memenuhi kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara responsif
1.1.3. Melayani guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan aspirasi dan/atau keluhan yang diterima
1.1.4. Menyelesaikan keluhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan komunikasi persuasif
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
1.1.1. Mengidentifikasi kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara proaktif
1.1.2. Memenuhi kebutuhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara responsif
1.1.3. Melayani guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan aspirasi dan/atau keluhan yang diterima
1.1.4. Menyelesaikan keluhan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan komunikasi persuasif

1.2. Bersifat ramah kepada peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja tanpa membeda-bedakan, cekatan dalam bekerja, solutif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, dan dapat diandalkan

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
1.2.1. Menuntaskan semua pekerjaan
1.2.2. Mengucapkan salam dan sapa dengan sikap ramah
1.2.3. Mengkomunikasikan informasi yang aktual dan akurat
1.2.4. Melayani dengan standar yang sama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
1.2.1. Menuntaskan semua pekerjaan
1.2.2. Mengucapkan salam dan sapa dengan sikap ramah
1.2.3. Mengkomunikasikan informasi yang aktual dan akurat
1.2.4. Melayani dengan standar yang sama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja

1.3. Melakukan perbaikan terus-menerus terhadap kompetensi dan perilaku kerjanya

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
1.3.1. Memperbaiki kualitas layanan secara terus-menerus
1.3.2. Menindaklanjuti setiap kritik dan saran secara konstruktif
1.3.3. Berupaya memperluas wawasan kualitas pelayanan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
1.3.1. Memperbaiki kualitas layanan secara terus-menerus
1.3.2. Menindaklanjuti setiap kritik dan saran secara konstruktif
1.3.3. Berupaya memperluas wawasan kualitas pelayanan
Aspek 2: Akuntabel

2.1. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
2.1.1. Memenuhi janji dan komitmen terkait pekerjaan
2.1.2. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan
2.1.3. Bertanggung jawab atas hasil kerja yang dilakukan dan bersedia dievaluasi
2.1.4. Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
2.1.1. Memenuhi janji dan komitmen terkait pekerjaan
2.1.2. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan
2.1.3. Bertanggung jawab atas hasil kerja yang dilakukan dan bersedia dievaluasi
2.1.4. Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme

2.2. Memanfaatkan sumber daya satuan pendidikan dengan bertanggung jawab, efektif, dan efisien

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
2.2.1. Memanfaatkan fasilitas satuan pendidikan sesuai dengan peruntukannya
2.2.2. Mencari cara efisiensi penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja satuan pendidikan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
2.2.1. Memanfaatkan fasilitas satuan pendidikan sesuai dengan peruntukannya
2.2.2. Mencari cara efisiensi penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja satuan pendidikan

2.3. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatannya demi keuntungan pribadi

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
2.3.1. Menghindari situasi yang menimbulkan konflik kepentingan pribadi
2.3.2. Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
2.3.1. Menghindari situasi yang menimbulkan konflik kepentingan pribadi
2.3.2. Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan
Aspek 3: Kompeten

3.1. Melaksanakan peningkatan kompetensi untuk merespon kebutuhan belajar guru dan tenaga kependidikan

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
3.1.1. Meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri secara terus-menerus
3.1.2. Berdiskusi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja mencari solusi
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
3.1.1. Meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri secara terus-menerus
3.1.2. Berdiskusi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja mencari solusi

3.2. Membantu guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk saling belajar

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
3.2.1. Memberikan kesempatan kepada guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk menyampaikan pendapat
3.2.2. Membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi dan dialog bersama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
3.2.1. Memberikan kesempatan kepada guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk menyampaikan pendapat
3.2.2. Membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi dan dialog bersama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja

3.3. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
3.3.1. Menyusun rencana kerja dan/atau anggaran dengan spesifik dan partisipatif
3.3.2. Melaksanakan rencana kerja dan/atau anggaran sesuai target yang ditetapkan
3.3.3. Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
3.3.1. Menyusun rencana kerja dan/atau anggaran dengan spesifik dan partisipatif
3.3.2. Melaksanakan rencana kerja dan/atau anggaran sesuai target yang ditetapkan
3.3.3. Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas
Aspek 4: Harmonis

4.1. Menghargai setiap warga satuan sekolah apapun latar belakangnya

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
4.1.1. Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan jenis kelamin
4.1.2. Menjaga hubungan yang baik dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
4.1.3. Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
4.1.1. Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan jenis kelamin
4.1.2. Menjaga hubungan yang baik dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
4.1.3. Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain

4.2. Memberikan pertolongan bagi warga satuan pendidikan yang memerlukan

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
4.2.1. Menawarkan solusi kepada warga sekolah dengan responsif
4.2.2. Memberikan solusi dan/atau informasi sesuai kewenangan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
4.2.1. Menawarkan solusi kepada warga sekolah dengan responsif
4.2.2. Memberikan solusi dan/atau informasi sesuai kewenangan

4.3. Membangun lingkungan pembelajaran yang kondusif

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
4.3.1. Menyelesaikan konflik di antara guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara konstruktif
4.3.2. Berinteraksi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan sopan dan menjunjung tinggi etika
4.3.3. Menghindari diskusi yang berpotensi menimbulkan konflik SARA
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
4.3.1. Menyelesaikan konflik di antara guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara konstruktif
4.3.2. Berinteraksi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dengan sopan dan menjunjung tinggi etika
4.3.3. Menghindari diskusi yang berpotensi menimbulkan konflik SARA
Aspek 5: Loyal

5.1. Memegang teguh moral dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
5.1.1. Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada perpecahan
5.1.2. Menyebarkan informasi yang mendukung transformasi pembelajaran
5.1.3. Mencegah situasi yang mengancam integritas satuan pendidikan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
5.1.1. Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada perpecahan
5.1.2. Menyebarkan informasi yang mendukung transformasi pembelajaran
5.1.3. Mencegah situasi yang mengancam integritas satuan pendidikan

5.2. Menjaga nama baik satuan pendidikan, guru, tenaga kependidikan dan peserta didik dimanapun berada

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
5.2.1. Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra satuan pendidikan
5.2.2. Melaksanakan arahan atasan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku
5.2.3. Menyebarkan informasi positif tentang transformasi pembelajaran
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
5.2.1. Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra satuan pendidikan
5.2.2. Melaksanakan arahan atasan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku
5.2.3. Menyebarkan informasi positif tentang transformasi pembelajaran

5.3. Menjaga informasi yang bersifat sensitif dan berpotensi merugikan peserta didik dan satuan pendidikan

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
5.3.1. Menyimpan informasi sensitif dengan cara dan pada tempat yang aman
5.3.2. Membagikan informasi sensitif hanya kepada pihak yang berwenang
5.3.3. Mencegah situasi yang mengancam keamanan peserta didik dan satuan pendidikan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
5.3.1. Menyimpan informasi sensitif dengan cara dan pada tempat yang aman
5.3.2. Membagikan informasi sensitif hanya kepada pihak yang berwenang
5.3.3. Mencegah situasi yang mengancam keamanan peserta didik dan satuan pendidikan
Aspek 6: Adaptif

6.1. Menyesuaikan diri secara cepat dalam menghadapi dinamika masyarakat

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
6.1.1. Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja
6.1.2. Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan
6.1.3. Menguasai dinamika perkembangan teknologi
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
6.1.1. Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja
6.1.2. Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan
6.1.3. Menguasai dinamika perkembangan teknologi

6.2. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas untuk memajukan satuan pendidikan

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
6.2.1. Menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan satuan pendidikan dengan berani
6.2.2. Membuat inovasi yang mendukung tujuan satuan pendidikan secara konsisten
6.2.3. Mengantisipasi permasalahan yang terjadi dengan kritis
6.2.4. Menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
6.2.1. Menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan satuan pendidikan dengan berani
6.2.2. Membuat inovasi yang mendukung tujuan satuan pendidikan secara konsisten
6.2.3. Mengantisipasi permasalahan yang terjadi dengan kritis
6.2.4. Menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi

6.3. Berpikir proaktif untuk mengembangkan diri, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
6.3.1. Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya
6.3.2. Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru
6.3.3. Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
6.3.1. Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya
6.3.2. Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru
6.3.3. Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik
Aspek 7: Kolaboratif

7.1. Memberi kesempatan kepada warga satuan pendidikan dan masyarakat atau dunia kerja untuk berkontribusi bagi tujuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
7.1.1. Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan tugas
7.1.2. Memuji keunggulan dan prestasi orang lain
7.1.3. Membagi tugas, tanggung jawab, hak dan kewajiban kepada guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara proporsional
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
7.1.1. Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan tugas
7.1.2. Memuji keunggulan dan prestasi orang lain
7.1.3. Membagi tugas, tanggung jawab, hak dan kewajiban kepada guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja secara proporsional

7.2. Bekerja sama secara terbuka dalam menghasilkan dampak pembelajaran yang merata bagi peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
7.2.1. Mengajukan diri secara sukarela untuk terlibat dalam kegiatan yang mendukung peningkatan pembelajaran
7.2.2. Bersinergi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dalam menyelesaikan tugas
7.2.3. Mengakui saat berbuat kesalahan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
7.2.1. Mengajukan diri secara sukarela untuk terlibat dalam kegiatan yang mendukung peningkatan pembelajaran
7.2.2. Bersinergi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja dalam menyelesaikan tugas
7.2.3. Mengakui saat berbuat kesalahan

7.3. Menggerakkan pemanfaatan sumber daya satuan pendidikan untuk pencapaian visi dan misi satuan pendidikan

Perwujudan *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Perwujudan (1-3)

Indikator 1 2 3
7.3.1. Mendorong guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan satuan pendidikan
7.3.2. Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
7.3.3. Mengoptimalkan sumber daya yang mendukung pencapaian kinerja satuan pendidikan
Dampak *

Pilihlah satu opsi per baris sesuai dengan skala penilaian Dampak (1-3)

Indikator 1 2 3
7.3.1. Mendorong guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan satuan pendidikan
7.3.2. Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat atau dunia kerja
7.3.3. Mengoptimalkan sumber daya yang mendukung pencapaian kinerja satuan pendidikan

Komentar